BPR Sulut Salurkan Kredit Pertanian Rp 19 Miliar

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan kredit ke bidang pertanian, perburuan dan kehutanan.

BPR Sulut Salurkan Kredit Pertanian Rp 19 Miliar
NET
Ilustrasi kredit 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan kredit ke bidang pertanian, perburuan dan kehutanan. Hal ini menunjukkan bank tersebut semakin mendekatkan diri ke sektor riil.

"Untuk pertanian, perburuan dan kehutanan kredit yang disalurkan oleh BPR  sampai dengan semester I 2017 Rp19 miliar," ujar Kepala Otoritas Jasa keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda, Jumat (1/9/2017).

Pongsoda menambahkan dengan penyaluran kredit ke pertanian menunjukkan sektor tersebut semakin menggeliat, sehingga menarik perbankan untuk melakukan pembiayaan kepada para petani. Apalagi sebagian besar penduduk Sulut sebagai petani.

Namun demikian dalam penyaluram kredit prinsip pruden harus tetap diutamakan. Hal ini dilakukan agar jangan sampai Non Perfoming Loan (NPL) tinggi. "Dalam penyaluran kredit prinsip pruden harus tetap diutamakan," ungkapnya.

Namun pihaknya terus mendorong agar BPR lebih besar lagi dalam menyalurkan kredit ke sektor produktif. Karena kredit yang disalurkan akan memiliki dampak yang lebih besar untuk pertumbuhan ekonomi dibandingkan dengan sektor konsumtif.

Sejak awal pendirian BPR difokuskan untuk pemberiaan kredit ke usaha mikro dan sektor riil lainnya. Oleh karena itu jika penyaluran kredit dilakukan secars maksimal sampai dengan pedesaan, dampaknya cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi.

Terpisah, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut, Soekowardojo mengungkapkan agar semakin besar lagi perbankan di Sulut menyalurkan kredit ke sektor produktif. Hal ini dilakukan karena multiplayer effect luas dari penyaluran yang dilakukan. (erv)

Penulis:
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved