Berita Eksklusif

(CONTENT) Menteri Susi: Produksi Ikan Sulut Naik

Pernyataan Wali Kota Bitung, Max J Lomban yang menyebut produksi ikan di Sulut menurun, imbas aturan Kementerian Perikanan dan Kelautan yang dibant...

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pernyataan Wali Kota Bitung, Max J Lomban yang menyebut produksi ikan di Sulut menurun, imbas aturan Kementerian Perikanan dan Kelautan yang dibantah Menteri Perikanan dan Kelautan RI, DR (Hon) Susi Pudjiastuti (52) terus menuai pro kontra di kalangan masyarakat terutama nelayan.

Wali Kota Bitung yang mengadu ke Komisi VI DPR RI saat berkunjung ke Bitung, 10 Agustus lalu menjadi perbincangan di kalangan pengusaha ikan dan nelayan.

Menteri Susi mengatakan tak benar apa yang dikatakan Wali Kota Bitung.

"Tidak benar itu yang dikatakan Wali Kota Bitung. Buktinya nilai ekspor produk perikanan di Sulawesi Utara naik kok," kata Menteri Susi khusus kepada Tribunnews.com.

Sebagai bukti Menteri Susi memperlihatkan laporan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan (BKIPM) Hasil Perikanan Manado kepada Tribunnews.com.

Dari data laporan terlihat bahwa nilai ekspor produk perikanan Sulawesi Utara periode Januari hingga Juli 2017 mencapai 66,25 juta dolar AS yang berarti peningkatan 23,46 pesen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016.

Wali kota Bitung sempat mengatakan bahwa kebijakan Menteri Susi sempat membuat perikanan berkurang di wilayahnya.

"Sekali lagi saya katakan tidak benar itu. Coba lihat pula data volume ikan tuna di Sulawesi Utara," kata Menteri Susi.

Data memperlihatkan volume ikan tuna di Sulawesi Utara sampai dengan Juli 2017 sebesar 5.514 ton dan volume itu sudah melampaui total tuna tahun 2016 sebesar 3.867 ton.

Upaya Menteri Susi selama di Jepang juga sangat gigih memperjuangkan tarif impor Jepang terhadap Indonesia agar menjadi nol persen langsung di hadapan Menteri Perikanan Jepang Ken Saito.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved