Breaking News:

Tanggapan Jelly Walansendow Soal Pungutan di Tempat Wisata

Pungutan atau pembayaran di lokasi wisata ada bagian tersendiri. Seperti biaya retribusi di antaranya karcis masuk, parkiran dan lain sebagainya.

Editor: Andrew_Pattymahu
Ist
Jelly Walansendow 

Jelly Walansendow,SE,S.STPar,M.Si
Dosen Tetap Fakultas Pariwisata Unika De La Salle Manado & Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Manado (MTB)

Pungutan atau pembayaran di lokasi wisata ada bagian tersendiri. Seperti biaya retribusi di antaranya karcis masuk, parkiran dan lain sebagainya. Asal retribusi resmi baik dari pemerintah daerah maupun Dinas Pariwisata.

Dari sisi positif pungutan atau biaya tersebut digunakan untuk kebersihan namun, asal jelas pertanggungjawabnnya ke siapa.

Kalau memang terdapat retribusi biasanya hal tersebut untuk pengelolaan tempat wisata, kebersihan dan untuk bayar SDM.

Namun, retribusi tersebut harus di buktikan dengan karcis resmi yg diberi tanda dari Dinas Pariwisata atau Pemerintah Kota Manado. Semua harus diatur secara terpadu.

Karena pungutan yang tak seharusnya akan berdampak negatif, jangan sampai wisatawan yang sudah datang apalagi dalam jumlah banyak, mereka akan jera dan hanya akan datang saat itu dan tak akan datang lagi.

Kita harus mencermati jangan sampai akibat pungutan-pungutan itu mereka tidak datang lagi berkunjung di Kota Manado.

Dan menghindari pungutan yang tidak seharusnya, para wisatawan yang datang harus mencari informasi apa saja yang merupakan retribusi wajib saat masuk di satu lokasi pariwisata di daerah manapun khususnya di Kota Manado.

Terlebih khusus bagi wisatawan asing, wajib bagi pemandu wisata memberitahukan kepada mereka sebelum datang ke tempat wisata, mana yang merupakan biaya retribusi, apa saja yang wajib dibayar dan yang tak seharusnya dibayar. Jika masih ditemuka pungutan yang tak seharusnya, bisa langsung laporkan ke pihak pemerintah daerah, Dinas Pariwisata maupun pihak berwajib. (ana)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved