Breaking News:

PLN Area Manado Komit Melayani dengan Sungguh

Ia menegaskan, peningkatan keandalan terus diupayakan dan sejauh ini tak ada lagi pemadaman listrik karena kekurangan daya

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Fernando_Lumowa
HUMAS PLN AREA MANADO
Petugas PLN berupaya memperbaiki jaringan listrik yang roboh di tengah hutan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Manado meluncurkan program pelayanan Manado Layanan Istimewa di tahun 2017 atau "PLN Manis 2017" di awal tahun ini. PLN Manis 2017 meliputi sejumlah aksi pelayanan.

Diantaranya, pelayanan pasang baru, perubahan daya dan migrasi dari listrik pascabayar ke prabayar (Listrik Pintar). Komitmen pelayanan terbaik ini berupa pelayanan cepat sembali berupaya meningkatkan mutu dan keandalan pasokan listrik.

Manajer PLN Area Manado, Paultje Mangundap mengungkapkan, upaya peningkatan mutu pelayanan dan keandalan pasokan listrik misalnya pemeliharaan jaringan dan gardu, penggantian kawat telanjang dengan kabel terbungkus, pemangkasan pohon (Mapalus Snuyen) dan pemindahan jaringan listrik yang masuk hutan serta perluasan jaringan listrik dan sisip trafo.

"Dampak dari upaya peningkatan mutu pelayanan dan keandalan tersebut, adanya penurunan gangguan listrik sebesar 25 persen pada semester pertama tahun ini dibanding semester satu tahun 2016," ujar Mangundap, Kamis (27/7)

Ia menegaskan, peningkatan keandalan terus diupayakan dan sejauh ini tak ada lagi pemadaman listrik karena kekurangan daya listrik. Jika ada pemadaman, penyebabnya karena gangguan pada jaringan distribusi listrik.

"80 persen penyebab listrik padam adalah gangguan seperti pohon tumbang menimpa jaringan, binatang liar dan faktor cuaca buruk. Jika ada pemadaman karena pemeliharaan pembangkit, pasti kami umumkan via media," ujarnya.

Kemudian, adanya pertumbuhan pelanggan sebesar 8.638 pelanggan atau setara 31.273.280 VA tersambung di semester I tahun ini.

Petugas PLN Area Manado memperbaiki jaringan tak kenal waktu demi memberi pelayanan listrik berkualitas ke pelanggan
Petugas PLN Area Manado memperbaiki jaringan tak kenal waktu demi memberi pelayanan listrik berkualitas ke pelanggan (HUMAS PLN AREA MANADO)

PLN Area Manado memiliki wilayah kerja Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara dan Minahasa Tenggara. Upaya lainnya, PLN Area Manado meningkatkan rasio elektrifikasi dan jam nyala pembangkit di pulau-pulau dalam waktu dekat ini.

"Paling cepat penambahan jam nyala di Pulau Naik dari enam jam menjadi 24 jam dan Manado Tua dari 12 jam menjadi 24 jam. Perubahan ini tentu mendorong pertumbuhan perekonomian dan meningkatkan peluang peluang usaha baru bagi masyarakat di dua pulau tersebut," kata Mangundap.

Sementara untuk Pulau Lembeh di Bitung, PLN telah membangun jaringan interkoneksi 20 KV yang terhubung dengan Sistem Interkoneksi Sulutgo. Sehingga PLN dapat melayani seluruh warga Pulau Lembeh yang memang sebagian belum menikmati listrik.

Kesemua upaya yang dilakukan oleh PLN Area Manado ini guna mendukung kebutuhan listrik bagi pelanggan dan calon pelanggan PLN di semua segmen mulai dari masyarakat, bisnis dan industri.

Di tengah upaya peningkatan pelayanan dan mutu pasokan listrik ke pelanggan, Mangundap memohon bantuan dari semua pihak baik pemerintah daerah setempat dan segenap masyarakat sehingga semua program PLN ini berjalan lancar.

Secara khusus, diharapkan masyarakat merelakan pohonnya dipangkas ataupun ditebang demi mengurangi terjadinya gangguan pasokan listrik/pemadaman dan merelakan sebagian kecil tanah untuk ditanami
tiang dan dilewati jaringan listrik serta tentunya.

"Tidak lupa dengan kewajibannya membayar rekening listrik sebelum jatuh tempo setiap bulan," katanya.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved