Breaking News:

PLN Beri Bantuan untuk Tanggulangi Eceng Gondok di Danau Tondano

Bantuan penangulangan eceng gondok di Danau Tondano dilakukan PLN beberapa tahun lalu.

Penulis: | Editor: Andrew_Pattymahu
PLN Beri Bantuan untuk Tanggulangi Eceng Gondok di Danau Tondano
Logo PLN

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Bantuan penangulangan eceng gondok di Danau Tondano dilakukan PLN beberapa tahun lalu. Bantuan tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan listrik tersebut.

"Bantuan kapal pemotong dan penganhkut eceng gondok merupakan CSR pada 2011," ujarDeputi Manager Hukum dan Humas PLN Suluttenggo, Jantje Rau, Kamis (27/7/2017).

Rau mengungkapkan pihaknya tidak mengetahui kenapa kapal tersebut rusak. Padahal kapal tersebut bisa untuk mengangkut tanaman tersebut. "Nanti kami akan cek kapal tersebut," ungkapnya.

Selain itu, bantuan yang diberikan untuk keberlangsungan Danau Tondano secara langsung adalah penanaman 5.000 bibit pohon di muara sungai Tondano dan 15.000 pohon di daerah tangkapan ait Tondano. Untuk menjaga suplai air ke danau tersebut.

Selain itu, juga pernah dilakukan pemberdayaan masyarakat untuk pemanfaatan eceng gondok menjadi berbagai kerajinan yang memiliki nilai tambah.

Padahal eceng gondok yang hampir menutupi danau, bukan hanya di Tondano saja. Di Cirata Jawa Barat juga memiliki masalah yang sama, namun demikian setelah masyarakatnya diberdayakan untuk pemanfaatan eceng gondok menjadi kerajinan. Sehingga tanaman tersebut menjadi habis. (erv)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved