Penjaga Pintu Air Tonsea Lama Paling Banyak Angkat Eceng Gondok dan Sampah Plastik

Sudah sepuluh tahun belakangan Royke Kenap warga Tonsea Lama memilih pekerjaan sebagai penjaga pintu air Tonsea Lam

Penjaga Pintu Air Tonsea Lama Paling Banyak Angkat Eceng Gondok dan Sampah Plastik
ALPEN MARTINUS
Penjaga pintu Air Tonsea Lama 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO. CO. ID,  TONDANO- Sudah sepuluh tahun belakangan Royke Kenap warga Tonsea Lama memilih pekerjaan sebagai penjaga pintu air Tonsea Lama bersama teman-teman lainnya.

Berbagaimacam pengalaman sudah dilaluinya, ada suka dan ada duka katanya, namun dijalaninya dengan iklhas demi keluarga.

Pekerjaan tersebut kadang membutuhkan tenaga lebih atau kadang santai."Kalau hujan keras biasanya banyak sekali sampah, kalau panas biasa sedikit sampah," ujarnya.

Biasanya sampah yang paling banyak eceng gondok, rumput arakan, juga sampah plastik."Biasanya sampah plastik itu kalau musim hujan banyak yang buang sampah sembarang," kata dia.

Kalau panas biasanya tak sampai setengah truk sampah yang diangkat, namun kalau hujan biasanya bisa lebih dari empat truk yang diangkut."Kami bersihkan sampah yang terjaring di pintu masuk terowongan turbin," jelasnya.

Sebagai penjaga pintu air Tonsea Lama mereka bekerja sistem shift bukan kalender, bahkan pernah dialaminya malam perpisahan tahun harus dihabiskan di pintu air.

"Sekitar tujuh kali seperti itu, malam pergantian tahun tetap masuk untuk jaga pintu air, tapi itulah karena sudah diatur jadwalnya, dan dalam seminggu kami dapat dua kali libur," jelasnya.

Selain itu, di pintu air tersebut menurutnya beberapa kali ditemukan mayat juga."Untung kami bukan mata terang jadi tidak bisa melihat hal mistis," jelas dia.

Terkadang mereka juga harus menghadapi warga yang datang protes lantaran ada banjir ataupun masyarakat yang mengira pintu air di buka.

"Biasanya kami suruh datang lihat sendiri supaya lebih percaya, sebab kadang kami foto dan perlihatkan keadaan aslinya tapi mereka tidak percaya," ungkapnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved