Felly Soroti Agenda Pemprov Bersifat Seremonial, Ini Tanggapan Wagub Sulut

Malah tahun ini, Pemprov Sulut berencana meningkatkan agenda menjadi lebih tinggi yakni Festival Film Indonesia.

Felly Soroti Agenda Pemprov Bersifat Seremonial,  Ini Tanggapan Wagub Sulut
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat paripurna pertanggungjawaban Gubernur 2016, pada Kamis (20/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Laporan pertanggungjawaban Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun anggaran 2016 banyak mendapat sorotan dari fraksi di Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut.

Fraksi Restorasi Nurani Keadilan (F-RNK) menyorot soal program terkesan seremonial belaka yang tak bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Pemprov Sulut diminta menghilangkan program seremonial.

"Agenda bersifat seremonial di seluruh SKPD sebaiknya dihilangkan, pemerintah fokus ke kebutuhan publik," ungkap Felly Runtuwene, Juru Bicara F-RNK saat menyampaikan pandangan di sidang paripurna, pada Kamis (20/7/2017).

Runtuwene menyorot agenda Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 silam. Belakangan BPK RI menemukan kejanggalan dalam pemeriksaan pertanggungjawaban agenda Dinas Pendidikan Sulut itu. Ada temuan yang masuk rekomendasi BPK untuk ditindaklanjuti Pemprov Sulut.

"Dari pada agenda seperti itu yang syarat temuan BPK, Dinas Pendidikan lebih baik fokus saja ke peningkatan SDM guru dan siswa," kata politisi Nasdem ini.

Lanjut Runtuwene, akan jauh lebih baik jika pemprov memprioritaskan agenda seperti bimtek guru, peningkatan program mata pelajaran seperti Kimia, fisika, bahasa inggris dan matematika

"Prioritaskan program untuk tunjang Sulut pintar menghitung," kata dia.

Program lainnya yang bisa diprioritaskan yakni program toilet bersih di sekolah, kemudian ujian sekolah berbasis komputer.

"Kami berpendapat program yang dibiayai dana APBD masing-masing SKPD lebih efektif dan bermanfaat," ujar legislator asal Minsel ini.

Halaman
123
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved