Berita Eksklusif

27 Pol PP Bolmong Ditahan, Humas Polda Sulut: Polda Hanya Usut Kasus Pengrusakan

Pengrusakan ini menyebabkan kerugian materi ke PT CNSC. Kerusakan bangunan sebanyak 11 unit, 240 buah kaca jendela dan 100 daun pintu pecah.

27 Pol PP Bolmong Ditahan, Humas Polda Sulut: Polda Hanya Usut Kasus Pengrusakan
FOTOGRAFER TRIBUN MANADO/ANDREAS GERALD RUAUW
Anak-anak 27 Pol PP Bolmong kunjungi ayah mereka di tahanan Polda Sulut, Selasa (18/7/2017) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kasus  dugaan tindak pidana pengrusakan fasilitas milik PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC) pada tanggal 5 Juni 2017 dengan tersangka 27 Satpol PP terus berproses di Polda Sulut.

Seperti diketahui dugaan tindak kekerasan dan pengrusakan ini menyebabkan kerugian materi ke PT CNSC.

Antara lain kerusakan bangunan sebanyak 11 unit, 240 buah kaca jendela dan 100 daun pintu pecah.

Imbasnya 27 personel Satpol PP Bolmong saat ini berstatus tersangka dan ditahan di Mapolda Sulut.

Terkait hal ini, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, proses penyidikan yang dilakukan Polda Sulut hanya fokus pada tindak pidana pengrusakan, bukan tentang perizinan perusahaan.

Meski pun dari hasil lidik dan pendalaman administrasi ditemukan beberapa petunjuk yang bisa mendukung proses penyelidikan dan penyidikan tindak pidana pengrusakan tersebut.

"Setiap tindakan yang dilakukan oleh aparat pemerintah itu harus sesuai dengan undang-undang yang telah mengatur kewenangan yang diberikan oleh negara, '' ujar Tompo melalui rilis yang dikirim ke Tribun Manado, kemarin.

Karena itu setiap aparat tidak boleh bertindak sesuai dengan keinginan pribadi atau perintah seseorang yang bersifat subyektif.

Sebab harus memenuhi objektifnya syarat aturan, oleh karena itu tindakan yang dilakukan oleh satpol PP Bolmong yang dimaksudkan sebagai upaya untuk menertibkan.

Namun disayangkan mereka tidak memahami bagaimana mekanisme dan prosedur dalam melakukan penertiban sesuai undang-undang, (baik prosedur, tata cara, administrasi), sehingga dalam pelaksanaannya banyak aturan yang tidak terpenuhi sehingga tindakan itu tidak tergolong penertiban.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved