Bentuk Komunitas Industri Kecil Menengah, Minut Bakal Bangunan Sentra IKM Senilai Rp 25 Miliar

Pemda diwajibkan menyiapkan lahan sentra IKM, gambar master plan dan pembentikan kelompok sentra IKM tersebut minimal 10 komunitas.

Bentuk Komunitas Industri Kecil Menengah, Minut Bakal Bangunan Sentra IKM Senilai Rp 25 Miliar
KONTAN/DANIEL PRABOWO
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) membentuk komunitas Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Kepala Dinas Perindustrian Minut Femmi Pangkerego mengatakan pemda Minut akan membangun sentra IKM agar mendapatkan bantuan dari kementerian perindustrian.  

Katanya, pemda diwajibkan menyiapkan lahan sentra IKM, gambar master plan dan pembentikan kelompok sentra IKM tersebut minimal 10 komunitas.

"Minimal ada 10 kelompok sentra IKM yang serumpun dalam arti per kelompok menghasilkan produk yang berbeda-beda. Ini salah satu persyaratan agar Kabupaten Minut mendapat bantuan DAK dari Kementrian Perindustrian," katanya pada Rabu (28/6/2017).

Dia mengungkapkan pemerintah pusat akan memberikan bantuan senilai Rp 25 miliar untuk membangunan sentra IKM. Lokasi tersebut menjadi pusat kegiatan industri kecil dan menengah yang menghasilkan produk sejenis.

"Nantinya akan menggunakan bahan baku sejenis atau mengerjakan proses produksi yang sama. Dilengkapi sarana dan prasarana penunjang yang dirancang berbasis pada pengembangan potensi sumber daya daerah. Ini akan dikelola oleh  pengurus profesional agar tujuan sentra IKM dapat tertata dan efisien dengan tujuan untuk percepatan, penyebaran dan pemerataan pembangunan industri," terangnya.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved