Jumlah Penumpang di Bandara Samrat Mulai Mengalami Peningkatan

Pergerakan penumpang pengguna jasa angkutan udara sejak dibukanya posko pada H-10 Idul Fitri belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Jumlah Penumpang di Bandara Samrat Mulai Mengalami Peningkatan
METROTVNEWS
Bandara Samrat Manado.

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Pergerakan penumpang pengguna jasa angkutan udara sejak dibukanya posko pada H-10 Idul Fitri belum mengalami kenaikan yang signifikan. Puncak peningkatan diperkirakan H-3 mendatang.

"Sejak resmi beroperasi pada H-10 hingga H-4 Lebaran, Posko Terpadu telah mencatat data pertumbuhan trafik pesawat, penumpang, dan kargo. secara total pertumbuhan pergerakan penumpang mengalami kenaikan namun tidak signifikan yaitu sebesar 1 persen dibanding pergerakan penumpang pada periode mudik tahun 2016," ujar ujar Communication & Legal Section Head, Yuristo Ardhi, Rabu (21/6/2017).

Yuristo menambahkan total terdapat 39.550 pergerakan penumpang. Sedangkan untuk pergerakan pesawat tumbuh sebesar 4 persen, dari 348 pada 2016 menjadi 363 pergerakan. Peningkatan trafik tertinggi berada pada kargo yang tumbuh 55 persen dari 169.507 ton pada 2016 menjadi 262.763 ton pada saat ini.

Sedangkan untuk puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada23 Juni 2017 atau H-3 Hari Raya Idul Fitri. Sementara untuk puncak arus balik diprediksi pada Minggu 2 Juli 2017 atau H+6. "Hingga saat ini, dilaporkan belum ada pengajuan penambahan penerbangan atau extra flight," ungkapnya.

SedangjanTeknis posko dibuat menjadi menjadi 3 shift dengan setiap shiftnya yang bertugas adalah gabungan perwakilan dari masing-masing instansi yaitu gabungan dari PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII, TNI-AU Manado, TNI-AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, BMKG, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved