Angkasa Pura I Buka Posko Lebaran

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi (Samrat) membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2017.

Angkasa Pura I Buka Posko Lebaran
HERVIANSYAH

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO-PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi (Samrat) membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2017. Pembukaan posko tersebut untuk menjaga kelancaran agar akrivitas mudik Lebaran yang menggunakan pesawat dapat berjalan dengan lancar.

"Pembukaan posko dilakukan untuk menjaga agar masyarakat yang jasa angkutan udara dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan," ujar PTS General Manager Erik Susanto, Kamis (15/6/2017).

Susanto menambahkan pembentukan Posko Terpadu mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU 007/I/15/DRJU.DBU-2017 tanggal 9 Mei 2017 perihal Pelaksanaan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2017.

Dengan adanya posko diharapkan keamanan, kenyamanan, ketertiban dan keselamatan pengguna jasa angkutan udara dapat terjaga dengan baik. Hal ini penting dilakukan agar mudik yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, sehingga bisa sampai dengan selamat.

Posko terpadu dimonitor langsung oleh Kementerian Perhubungan dengan melibatkan personel dari internal Angkasa Pura I dan TNI AU, TNI AL, Polri di Bandara, BMKG dan kantor Kesehatan Pelabuhan dengan jumlah 60 personel. "Teknisnya akan dibagi menjadi 3 shift dengan setiap shiftnya yang bertugas adalah perwakilan dari masing-masing instansi tersebut," ungkapnya.

Posko Terpadu akan beroperasi selama 27 hari terhitung sejak 15 Juni hingga 11 Juli 2017. Selama periode tersebut, secara total diperkirakan pertumbuhan pergerakan penumpang sebesar 5  persen dibanding periode mudik 2016. Sedangkan untuk pergerakan pesawat diperkirakan tumbuh sebesar 14 persen dan kargo juga tumbuh 7  persen. "Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada23 Juni atau H-3 Hari Raya Idul Fitri. Sementara untuk puncak arus balik diprediksi pada Minggu 2 Juli atau H+6," ungkapnya.

Disinggung mengenai tambahan ekstra flight, Erik menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada pengajuan penambahan penerbangan dari maskapai untuk masa mudik Lebaran. Sehingga jumlah penerbangan reguler domestik yg beroperasi di Bandara Sam Ratulangi masih sejumlah 7 maskapai dan 19 destinasi. "Namun untuk charter flight internasional Periode Juli-Agustus ada dari Citilink sebanyak 13 Flight dan Lion air 34 flight di Bulan Juni ini," katanya.

Sebelumnya, kesiapan bandara menyambut Bulan Suci Ramadhan sudah nampak dengan berbagai aksesoris dan dekorasi dengan nuansa Ramadhan serta aktivitas pembagian takjil yang memudahkan para pengguna jasa berbuka puasa. Erik menambahkan, selain hal-hal tersebut koordinasi teknis dengan kepolisian serta kementerian perhubungan dalam memantau kelancaran akses menuju dan dari bandara juga intens dilaksanakan.

 Alat produksi terutama yang terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan terus kami pastikan kesiapannya untuk melayani pengguna jasa yang terbang dari dan ke Manado, serangkaian aktivitas yang sudah dilakukan adalah pekerjaan rubber deposit atau pembersihan sisa karet ban pesawat yang menempel di landasan, memastikan fasilitas listrik genset siap untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan listrik.

Selain Posko Terpadu, pihaknya juga menyiapkan Posko Kesehatan bagi penumpang yang mengalami masalah kesehatan. “Harapan kami pemudik dapat merasa nyaman selama di bandara serta selamat dan aman selama perjalanan. Bagi masyarakat atau penumpang yang memiliki pertanyaan, keluhan, atau membutuhkan solusi atas permasalahan seputar pelayanan bandara dapat menghubungi posko yang tersedia atau Contact Center 172 yang siap melayani 24 jam,"katanya. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved