Tips Mudik Aman Meski Rumah Ditinggal, Titipkan Kunci ke Polsek Terdekat

Jelang arus mudik Lebaran 2017, jajaran Polresta Samarinda mengintensifkan pengamanan guna mengurangi kasus kriminalitas.

Tips Mudik Aman Meski Rumah Ditinggal, Titipkan Kunci ke Polsek Terdekat
IST
ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SAMARINDA - Jelang arus mudik Lebaran 2017, jajaran Polresta Samarinda mengintensifkan pengamanan guna mengurangi kasus kriminalitas.

Selain patroli di lingkungan tempat tinggal warga, kepolisian juga menganjurkan kepada warga yang berpergian ke luar kota untuk menitipkan kunci rumahnya ke Polsek terdekat.

 
"Bisa titipkan kunci rumah ke Bhabinkamtibmas atau langsung ke Polsek terdekat, nantinya akan dapat pengawasan ekstra selama penghuninya mudik. Ini tidak dipungut biaya," ujar Kasubag Humas Polresta Samarinda, Ipda Danovan, Rabu (14/6/2017).

Mantan Kanit Binmas Polsekta Samarinda Ilir ini menjelaskan sebelum mudik warga terlebih dahulu melapor ke Ketua RT atau tetangga sekitar. Warga terdekat dapat ikut mengawasi.

"Jangan sampai tidak lapor ke tetangga dan Ketua RT, harus laporan dulu sebelum mudik. Jadi, tetangga yang tidak mudik bisa ikut mengawasi," tutur dia.

Hal itu perlu dilakukan karena jelang lebaran kerap terjadi peningkatan kasus kejahatan, mulai dari perampokan, hingga kasus kejahatan jalanan.

"Biasanya terjadi peningkatan jelang lebaran, namun dari infotmasi yang kami peroleh, sejak awal puasa lalu, terjadi penuranan kasus kriminalitas," terang Danovan.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved