Orang Meninggal Selalu Saja Masuk Daftar Pemilih

Disdukcapil Kotamobagu mencatat ada sekitar 4 ribuan lagi Kota Kotamobagu yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik.

Orang Meninggal Selalu Saja Masuk Daftar Pemilih
Tribun Batam/A Prianggoro
Ribuan warga negara Indonesia mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di 7 Chatsworth Road Singapore, Minggu (06/04/2014). Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 112.123 orang ditambah 3.556 orang. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 12.608 orang di antaranya memilih via pos. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Munculnya pemilih yang sudah meninggal di daftar dan data ganda kerap jadi persoalan saat pemilihan kepala daerah.

"Untuk itu di Pilkada Serentak nanti diharapkan tidak akan ada lagi persoalan-persoalan tersebut," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu Nayodo Koerniawan.

Dalam rilis yang diterima Tribun Manado, Kamis (8/6/2017), KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu sepakat untuk saling berkoordinasi terjaut data pemilih.

Hal tersebut Nayodo tegaskan kembali kepada Kepala Disdukcapil Kotamobagu Virgina Olii, saat Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Semesteri I Tahun 2017.

Nayodo mengatakan, memasuki tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018 nanti, perlu sosialisasi bersama antara KPU dan Disdukcapil.

Satu di antara yang penting adalah masyarakat segera melakukan perekaman KTP Elektronik agar di pilkada dan pemilu nanti bisa memilih.

"Karena sekarang tidak seperti sebelum-sebelumnya dimana pemilih boleh menggunakan identitas lain. Sekarang, tanpa KTP Elektronik warga wajib pilih tidak bisa memilih," kata Nayodo.

Kepala Disdukcapil Kotamobagu Virgina Olii menjelaskan angka sementara pemilih yang sudah melakukan perekaman KTP Elektronik sebanyak 2.113 orang.

"Angka tersebut masih akan bergerak sebagaimana dinamisnya usia penduduk," kata Gina, sapaan akrabnya.

Disdukcapil Kotamobagu mencatat ada sekitar 4 ribuan lagi Kota Kotamobagu yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Edi Sukasah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved