Bersama KNPI dan Karang Taruna Walikota GSVL Sepakat Deklarasi Solidaritas NKRI

Deklarasi damai solidaritas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado

Bersama KNPI dan Karang Taruna Walikota GSVL Sepakat Deklarasi Solidaritas NKRI
IST

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Deklarasi damai solidaritas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (26/05) pagi.

Penandatanganan Deklarasi Solidaritas NKRI itu dilakukan dalam Apel Kebangsaan yang dipimpin Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan dihadiri Komandan KODIM 1309 Manado Letkol ARM Johanis Toar Pioh, serta presidium Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Manado.

Dalam sambutannya, Wali Kota GSVL mengatakan deklarasi dilaksannakan untuk mempertahankan keutuhan NKRI yang aman dan nyaman serta bebas dari kepentingan perseorangan maupun kelompok.

Pasalnya, belakangan ini ada pihak-pihak yang berusaha merusak hubungan kekeluargaan masyarakat Indonesia dengan menciptakan polemik isu politik dari Ormas intoleran, serta memecah persatuan dan kesatuan Bangsa.

Selain itu, Apel Deklarasi tersebut merupakan kesempatan yang baik untuk menyegarkan ingatan dan memperkuat komitmen.

"Kita adalah pewaris kesepakatan para pendahulu dan pendiri bangsa ini, yang pada 72 tahun lalu telah merasakan senasib sepenanggungan dengan kemauan untuk merdeka.

Dimana, memutuskan untuk menerima keberagaman, mengesampingkan segala perbedaan dan bersatu dalam sebuah bangsa baru, yakni Bangsa Indonesia. Dan hari ini kita berada ditempat ini untuk menegaskan komitmen kebangsaan tersebut," ujar Wali Kota GSVL.

Lanjutnya, sikap tersebut sangat penting untuk memelihara semangat persatuan, sekaligus semangat keterbukaan bagi keberagaman.

Sebagaimana, Indonesia yang didalamnya terdapat beragam etnis, budaya, religi, sebagaimana juga Kota Manado yang mempunyai keberagaman tersebut.

"Justru dengan keberagaman inilah yang seharusnya menginspirasi kita untuk saling mengenal, memahami dan menerima, bekerjasama, bekerja keras dan bekerja cerdas mengolah hidup yang lebih baik.

Halaman
12
Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved