Yessy Momongan Lolos, Segera Jalani Fit And Proper Test sebagai Calon Anggota KPU di DPR

"Hari ini KPU dibagi empat, empat calon KPU. Lalu besok Bawaslu dibagi lima-lima," kata Riza ketika dihubungi, Senin (3/4/2017).

Yessy Momongan Lolos, Segera Jalani Fit And Proper Test sebagai Calon Anggota KPU di DPR
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Ketua KPU Sulut Yessy Momongan 

TRIBUNMANADO.CO.ID -- Komisi II DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Calon Komisioner KPU-Bawaslu pada hari ini. Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya membagi dalam tiga sesi.

"Hari ini KPU dibagi empat, empat calon KPU. Lalu besok Bawaslu dibagi lima-lima," kata Riza ketika dihubungi, Senin (3/4/2017).

Riza mengatakan calon komisioner akan diberi waktu untuk memaparkan visi-misi yang akan direspon oleh anggota Komisi II DPR. Anggota Komisi II dapat mengkritisi atau mempertanyakan visi misi calon komisioner.

Politikus Gerindra itu berharap calon Komisioner KPU-Bawaslu berintegritas dan merespon permasalahan yang ada.

"Karena permasalahan yang ada di KPU- Bawaslu ada di bawah kabupaten-kota termasuk permasalahan yang ada di TPS utamanya. Harus bisa menjadi yang lebih baik," kata Riza.

Komisi II menjadawalkan pada Rabu 5 April 2017 untuk keputusan fit and proper test calon Komisioner KPU-Bawaslu.

Satu di antara nama Calon Komisioner KPU yang lolos adalah Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan.

Sebelumnya, rapat internal Komisi II DPR menyepakati pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Komisioner KPU-Bawaslu. Uji kelayakan akan dilakukan pada tanggal 3April-5April 2017.

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengatakan pihaknya berencana mengundang Panitia Seleksi KPU-Bawaslu serta pakar pada tanggal 29-30 Maret 2017.

"Dari situ kemudian rapat internal. Nah kita alokasikan waktu uji kepatutan dan kelayakan pada tanggal 3,4, dan 5 April. Sehingga tanggal 6 April bisa diparipurnakan," kata Amali usai rapat internal di Komisi II, Gedung DPR, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Pemerintah sudah mengirimkan 14 nama calon komisioner KPU dan 10 nama Bawaslu ke DPR. Surat presiden mengenai nama calon komisioner sudah dibacakan pada Rapat Paripurna 23 Februari 2017.

Berikut 14 nama calon komisioner KPU yang lolos seleksi tahap terakhir:

Amus Atkana
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
Ilham Saputra
Evi Novida Ginting Manik
Fery Kurnia Rizkiyansyah
Idha Budhiati
Wahyu Setiawan
Sri Budi Eko Wardani
Pramono Ubaid Tanthowi
Yessy Y. Momongan
Hasyim Asy'ari
Arief Budiman
Viryan
Sigit Pamungkas

Editor: Ribut_Raharja
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved