14.019 Siswa SMK Se-Sulut Akan Ikut Ujian Nasional

Sebanyak 14.019 siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) se Sulawesi Utara, akan ikut ujian pada tanggal 3-6 April.

14.019 Siswa SMK Se-Sulut Akan Ikut Ujian Nasional
TRIBUNMANADO/ALDI PONGE
Ujian nasional. foto ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Sebanyak 14.019 siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) se Sulawesi Utara, akan ikut ujian pada tanggal 3-6 April.

"Jadi ada dua sistem ujian nasional yakni berbasis komputer (UNBK) dan pensil dan kertas (UNBKP)," ujar Kadis Pendidikan Provinsi Sulut Assiano Kawatu melalui Kabid SMK DR Paulus Tamaka, Minggu (2/4).

Kata dia, 14.019 murid yang tersebar dari 72 sekolah siap mengikuti UNBK untuk Negeri 36 sedangkan Swasta 36 juga. Bagi ujian mengunakan pencil dan kertas berjumlah 98 sekolah rinciannya 43 Negeri dan Swasta 55.

Khusus ujian berbasis komputer (UNBK) mengalami peningkatan dari tahun 2016 hanya ada 19 sekolah ikut. kini sudah hampir 70% persen. Jadi sisanya tinggal 30% yang masih mengunakan pensil dan kertas misalnya daerah Kabupaten Talaud.

"Artinya dari 14.019 yang sudah memakai sistem UNBK sebanyak 9121 sedangkan pinsil kertas 4598 siswa," ujar Tamaka lagi.

Ia menambahkan, ujian UNBK dan UNBKP hanya pemetaan kompetensi siswa secara nasional dan tidak menentuka kelulusan.

"Karena untuk kelulusan tergantung dari sekolah sendiri. Untuk penentuan justru waktu lalu saat ujian di sekolah," ujarnya.

Untuk pemadam lampu atau masalah teknis lainnya sudah dipikirkan pihak sekolah serta diknas sendiri. Maka dipersiapkan genset sebagai antisipasi serta sudah melakukan koordinasi dengan pihak PLN.

Sementara salah seorang murid Megayuni Patuwo, SMK Negeri 5 mengatakan persiapan sudah dilakukan untuk mengikuti ujian mengunakan komputer.

"Dari jauh hari para guru sudah mulai melakukan pelatihan, agar waktunya tidak salah lagi," ujar Yuni panggilan akrabnya.

Kata dia, memang sudah tidak seperti waktu lalu mengunakan pensil dan kertas. Akan tetapi gunakan komputer. Berharap dalam pelaksanaan ujian ini tidak ada masalah. (Ven).

Penulis: Vendi Lera
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved