Walikota Lumentut Minta Warga Jangan Perkecil Saluran Air

Masalah banjir yang sudah menjadi langganan Kota Manado mendapat tanggapan Walikota Kota Manado Vicky Lumentut.

Walikota Lumentut Minta Warga Jangan Perkecil Saluran Air
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Wali Kota Manado Vicky Lumentut pantau lokasi longsor di Kelurahan Paal 4 lingkungan 6 Kota Manado, Jumat siang (16/12/2016). (TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Masalah banjir yang sudah menjadi langganan Kota Manado mendapat tanggapan Walikota Kota Manado Vicky Lumentut, Kamis (23/3) dikantor walikota.

Terkait banjir yang sering melanda Kota Manado dan sekitarnya, Walikota Manado Vicky Lumentut berkata yang pertama dilakukan adalah masyarakat ialah banyak berdoa karena ini adalah alam. "Banjir juga bukan hanya melanda Kota Manado, tapi di kota-kota lainnya juga," kata Lumentut.

Jika banyak masyarakat telah berbuat dosa, maka cepat-cepatlah bertobat agar terhindar dari cobaan.

Selanjutnya, masyarakat dilarang buang sampah sembarangan sebab saluran bukan tempat sampah. Jangan memperkecil saluran air di jalan.

"Kejadian di Bumi Nyiur, ada saluran air dari ukuran lebar terus menerus jadi kecil mulai dari atas sampai ke bawah lebih kecil. Jadi jangan mengurangi saluran air yang sudah diciptakan Tuhan dari dahulu," jelas Lumentut.

Walikota Lumentut menambahkan, jangan pindahkan aliran sungai, sebab prinsip air akan tetap melewati aliran yang sudah ada. "Jangan perkecil dan jangan menutup saluran air agar tidak terjadi banjir. Dinas terkait sedang melakukan kajian terkait beberapa aliran sungai mulai jadi lebih kecil dan mengakibatkan banjir," ujarnya.

Jika terjadi hujan keras, maka disarankan masyarakat untuk tidak keluar rumah dan tetaplah bersama keluarga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved