Banyak Masyarakat Lupa Perjuangan Heroik Merah Putih 14 Februari

Momentum perjuangan rakyat Sulawesi Utara yang dikenal dengan persitiwa Merah Putih 14 Februari 1946 di Kota Manado, belakangan dirasakan kurang

Banyak Masyarakat Lupa Perjuangan Heroik Merah Putih 14 Februari
NET
Ilustrasi

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Momentum perjuangan rakyat Sulawesi Utara yang dikenal dengan persitiwa Merah Putih 14 Februari 1946 di Kota Manado, belakangan dirasakan kurang diperhatikan.

Royke Kambey Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Sulut berkata barang kali generasi penerus bangsa khususnya generasi muda Sulut lebih tertarik dengan perayaan budaya barat, bahwa 14 Februari identik dengan Valentine’s Day. Padahal, 14 penting adalah momentum sejarah penting di Sulut yang banyak masyarakat Sulut belum mengenal.

"Bukan kita mengesampingkan hari Kasih Sayang, tapi harus ingat juga bersamaan tanggal 14 Februari 1946 adalah Hari Heroik Merah Putih dibawah pimpinan Ch Ch Taulu dan BW Lapisan," ujar Kambey kepada Tribun Manado Senin (20/2) di kantor Legiun Veteran Republik Indonesia Teling.

Henk Mengko Mekel (87) satu diantara pelaku Perjuangan 14 Februari 1946 di Manado menceritakan perjuangan mereka melawan Belanda kala itu untuk menyerang markas Belanda di Teling, Maubi, dan Girian. "Kami melakukan penyerangan dan membebaskan tokoh-tokoh pejuang lain yang di tangkap Belanda serta mengibarkan bendera merah putih," katanya.

Ia juga mengingat saat peristiwa itu, dua anak buahnya tewas tertebak demi meraih kemerdekaan Indonesia.

Prof Dolfi Mokoagouw Ms Ketua Korps Pembangunan Merah Putih berkata memperingati peristiwa Hari Heroik 14 Februari 1946 adalah wajib karena pahlawan Sulut berjuang demi kemerdekaan.

Peristiwa itu merupakan hari bersejarah sehingga tanggal 14 Februari di lakukan upacara peringatan hari tersebut dan Ia sebagai Inspektur upacara yang dihadiri
137 veteran dan ratusan siswa-siswi. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved