Figura Ramaikan Kuncikan Tahun Baru Masyarakat Tonsea

Kocak dan ramai itulah yang terjadi saat berlangsungnya Tradisi Kuncikan Tahun Baru masyarakat TONSEA Minahasa Utara

TRIBUNMANADO.CO.ID,AIRMADIDI - Kocak dan ramai itulah yang terjadi saat berlangsungnya Tradisi Kuncikan Tahun Baru masyarakat TONSEA Minahasa Utara. Minggu (29/1/2017).

Selesai ibadah Gereja, warga mulai membawa makanan dan sajian ke tenda-tenda yang sudah dibangun sejak tadi malam. Kemudian, pukul 13.00 wita,

Ibadah serempak di gelar, sesudah itu semua yang hadir, makan bersama-sama sebagai tanda Hari Raya Tahun Baru. 2017, telah usai.

Lurah Sarongsong Satu, Johan Wariki S.Sos melalui Apeles Umboh Kepala Lingkungan III, mengatakan, tradisi religius seperti ini harus dipertahankan.

"Perayaan seperti ini, masih terkandung tradisi rasa syukur pada Tuhan, atas tahun-tahun berlalu yang telah kita lewati bersama penuh kedamaian, serta tahun yang baru ini, kembali bersama-sama kita lalui dengan tidak berkekurangan," kata Umboh.

Warga dihibur oleh tarian-tarian konyol Pemuda-remaja GMIM TABITA Airmadidi yang berpakaian wanita. Para Pigura berjalan mengelilingi Lingkungan II di ikuti iring-iringan anak-anak yang riuh rendah menertawai kelucuan dan konyolnya para pemeran pigura.

Lendy Umboh SH, Koordinator tim pigura Pemuda -Remaja GMIM TABITA mengatakan, sangat menikmati kegiatan seperti ini selama tahun-tahun berjalan.

"Selain kita bisa saling menghibur, dalam kegiatan seperti ini kami bisa melampiaskan semua sifat konyol para pemuda-remaja tanpa ada batasan. Sebab sesudah melepas pakaian ini, kami tak mungkin bertingkah bencong seperti ini, " kata dia.(fer)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved