Capaian Amnesti Pajak Baru 1 Persen dari Total WP, DJP Suluttenggomalut Giat Sosialisasi

Menurut Kepala Kanwil DJP Suluttenggomalut, Dyonisius Lucas Hendrawan, pihaknya menggiatkan sosialisasi.

Capaian Amnesti Pajak Baru 1 Persen dari Total WP, DJP Suluttenggomalut Giat Sosialisasi
Kegiatan sosialisasi Amnesti Pajak di Manado 

Laporan wartawan Tribun Manado, Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Potensi pendapatan Amnesti Pajak di Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Utara, Tengah Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) masih besar.

Menurut Kepala Kanwil DJP Suluttenggomalut, Dyonisius Lucas Hendrawan, pihaknya menggiatkan sosialisasi agar masyarakat mau memanfaatkan program pemerintah tersebut.

Menurut dia, saat ini yang mengikuti amnesti pajak di wilayahnya baru sekitar 1 persen dari sekitar 500 ribu Wajib Pajak (WP) yang terdaftar. "Kami akan berupaya untuk terus melakukan sosialisasi agar semakin banyak yang memanfaatkannya," jelasnya, Minggu (15/1).

Katanya, saat ini merupakan periode ketiga, yang merupakan batas waktu terakhir untuk program ini. Selanjutnya akan diberlakukan denda yang cukup besar bagi yang menunggak.

Pihaknya akan bekerja sama dengan asosiasi pelaku usaha maupun perkumpulan untuk meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam Amnesti Pajak. Harapannya, semakin banyak yang mau memanfaatkan program pemerintah yang menguntungkan ini.

Selain itu, juga akan disasar pemilik modal besar, yang banyak berinvestasi di berbagai perusahaan. "Jadi, untuk periode tiga ini sosialisasi lebih segmentasi, tapi sasarannya kita perbanyak," katanya.

Selain itu, nasabah prioritas juga masih banyak yang belum memanfaatkanya. Padahal jumlahnya cukup banyak.
Sebelumnya kata Hendrawan pada periode pertama sosialisasi dilakukan secara umum. "Untuk periode ketiga ini UMKM dan profesi juga diharapkan memanfaatkan periode terakhir," katanya.

Ia menjelaskan, jika selama ini ada yang beranggapan ikut pengampunan pajak orang-orang tak jujur, itu salah. Bisa saja sebelumnya lupa atau tak mengetahuinya. "Dengan adanya program ini segera dimanfaatkan, sebab akan untung jika yang mengikutinya," tambahnya.

Justru DJP akan memiliki akses yang luas untuk memeroleh informasi mengenai harta perbankan yang berada di bank. Dengan adanya Amnesti Pajak harta yang belum bisa terdaftar dan menjadikan pemiliknya tenang. "Kami yakin pada periode terakhir ini akan meningkat masyarakat yang ikut Amnesti Pajak," katanya.

Penulis:
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved