Ini Pandangan Legenda Arsenal Kenapa Chelsea Bisa di Posisi Pucank

Manajer Antonio Conte berhasil membawa Chelsea ke papan atas klasemen Premier League.

Daniel Leal-Olivas / AFP
Pelatih Chelsea, Antonio Conte, berbicara dalam jumpa pers di Stadion Stamford Bridge, London, pada 14 Juli 2016. 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Manajer Antonio Conte berhasil membawa Chelsea ke papan atas klasemen Premier League. Kesuksesan ini adalah hasil dari beberapa hal baru yang diterapkan manajer berusia 47 tahun itu dalam tim The Blues.

Hingga pekan ke-17, Chelsea bertengger di puncak klasemen dengan raihan 43 poin. Chelsea unggul enam poin dari Liverpoolyang berada di peringkat kedua.

Hal ini berhasil didapat Conte setelah melakukan beberapa perubahan drastis dalam cara bermain tim. Mantan pelatihJuventus itu secara mengejutkan menerapkan skema 3-4-3, hal yang sangat jarang dilakukan oleh tim-tim Inggris.

Hasilnya, Chelsea berhasil meraih 11 kemenangan beruntun di Premier League setelah menang 1-0 di markas Crystal Palace, Sabtu (17/12/2016). Satu raihan tiga poin lagi akan membuat Conte sukses memecahkan rekor kemenangan klub.

Namun, pandangan miring dari skema yang diterapkan Conte juga tidak bisa dihindarkan. Salah satunya datang dari legenda Arsenal, Paul Merson.

Merson menilai bahwa skema 3-4-3 adalah sesuatu yang sangat melelahkan bagi para pemain. Namun, hal ini berhasil diterapkan di Chelsea saat ini karena mereka memiliki jadwal bertanding yang sedikit karena The Blues absen di kompetisi Eropa.

"Skema Conte hanya bisa berjalan lancar karena Chelsea hanya bermain sepekan sekali. Para wing-back mereka harus melakukan banyak pekerjaan yang tidak bisa mereka lakukan tiga kali setiap pekan," kata Merson dikutip dari Squawka.

"Absen dari kompetisi Eropa benar-benar telah membantu mereka. Kondisi ini membuat mereka memiliki banyak waktu mempersiapkan tiga pemain bertahan mereka dalam sesi latihan," ucapnya.

Hal ini membuat Merson percaya bahwa Chelsea harus kembali menambah kekuatan skuad mereka. Mendatangkan beberapa pemain, terutama di sektor sayap, sangat penting demi menjaga kondisi pemainnya.

"Conte akan membutuhkan pemain baru yang berposisi sebagaiwing-back karena ia tidak akan bisa selalu memainkan Victor Moses dan Marcos Alonso pada setiap pertandingan. Ia harus segera membawa para pemain sekarang," tutur Merson.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved