Potensi Pajak Sektor Pertanian di Suluttenggomalut Masih Besar

Hasil pertanian dari empat provinsi tersebut cengkeh, kelapa, pala dan coklat merupakan penyumbang 25 % produksi nasional.

Potensi Pajak Sektor Pertanian di Suluttenggomalut Masih Besar
NET

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Potensi pajak di sektor pertanian di wilayah Indonesia Timur cukup besar, khususnya di wilayah kerja Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut). Hal ini karena berbagai komoditas unggulan dihasilkan dari daerah tersebut.

"Penerimaan pajak sektor pertanian memang potensial di wilayah kerja kami, oleh karena itu kami berupaya meningkatkannya," ujar Kanwil DJP Suluttenggomalut Dionysius Lucas Hendrawan, Selasa (30/12/2016).

Menurut dia hasil pertanian dari empat provinsi tersebut cengkeh, kelapa, pala dan coklat merupakan penyumbang 25 % produksi nasional. Apalagi komoditas tersebut merupakan unggulan yang selalu diekspor.

Data ini merupakan suatu kebanggaan namun, apabila dihubungkan dengan pemenuhan kewajiban perpajakan sesuai data yang ada, baru dilaksanakan oleh sebagian kecil wajib pajak pelaku usaha sektor tersebut. Hal ini menunjukan adanya potensi penerimaan pajak yang masih belum tergali dengan maksimal.

Untuk itu pihaknya menggelar kegiatan 'Malam Bakudapa Kakanwil Deng Pengusaha Sektor Pertanian' dengan mengundang peserta para Wajib Pajak pelaku usaha sektor Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan di wilayah kerja Kantor Wilayah DJP Suluttenggomalut pada 19 Desember di Hotel Quality.

Dengan sosialisasi tersebut diharapkan kurangnya pemahaman dan ketidaktahuan wajib pajak tentang peraturan perpajakan dapat dikurangi. Hal ini karena menjadi satu di antara faktor belum optimalnya pelaksanaan kewajiban perpajakan selama ini.

"Hal tersebut menjadi tantangan Kanwil DJP Suluttenggo dan Malut untuk melaksanakan edukasi agar wajib pajak paham dan bersedia melaksanakan kewajiban perpajakannya secara baik dan sukarela sehingga potensi perpajakan yang ada bisa tergali dengan baik untuk menunjang penerimaan perpajakan," ungkapnya

Penulis: Herviansyah
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved