Amankan Rumah Sebelum Pergi Ibadah

Hampir setiap hari ada ibadah pra- Natal. Jemaat pun diminta hati-hati saat meninggalkan rumah tanpa penghuni.

Amankan Rumah Sebelum Pergi Ibadah
Foto Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Desember sebagai bulan Natal. Hampir setiap hari ada ibadah pra- Natal. Jemaat pun diminta hati-hati saat meninggalkan rumah tanpa penghuni.

Warga yang tak ikut ibadah pun diharapkan menjaga keamanan lingkungan dari ancaman aksi pencurian.

Menjaga rumah yang ditinggal oleh pemiliknya sudah menjadi tanggung jawab semua warga termasuk petugas pengamanan seperti polisi ataupun satuan pengamanan di desa atau kelurahan.

Kapolres Minahasa, AKBP Syamsubair, meminta kepada masyarakat untuk menjaga keamanan tiap rumah saat akan bepergian semisal pergi ibadah Natal.

"Soalnya sekarang banyak sekali aksi pencurian saat ditinggal ibadah Natal, makanya kami minta agar masyarakat jangan meninggalkan barang berharga di rumah," ujar dia, Minggu (4/12).

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat jangan terlalu percaya kepada orang yang bekerja di rumah untuk menjaga rumah. "Soalnya bisa saja orang itu yang melakukan tindakan kejahatan," ujar dia.

Namun, menurutnya, petugas kepolisian akan melakukan beberapa upaya penindakan terhadap tindak kejahatan semisal operasi cipta kondiri, patroli, dan menyambangi lokasi ibadah.

"Kita juga sudah minta jadwal ibadah di jemaat, supaya anggota bisa tahu kapan pelaksanaan ibadah, untuk bersama jaga rumah ibadah dan patroli rumah warga yang ditinggalkan," kata dia.

Selain itu, sebelum ditinggalkan warga harus melakukan cek kembali keadaan rumah, jangan sampai ada api yang masih hidup, atau kabel yang masih terhubung dengan colokan.

"Jangan sampai terjadi kebakaran, sebab memang belakangan rentan terjadi kebakaran juga, makanya saya minta cek dulu rumah sebelum keluar," ujarnya.

Warga juga diminta untuk waspada terhadap aksi pencurian kendaraan bermotor atau curanmor. "Kendaraan juga jangan diparkir sembarangan, sebab pencuri bisa saja beraksi saat anda ibadah Natal," ujar dia.

Minuman keras juga menjadi perhatian Kapolres. Masyarakat diminta untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol yang dapat memicu tindak pidana.

"Semua pelaku kejahatan termasuk pencurian pasti kita tindak tegas, juga miras akan kena tipiring dan denda. Mari kita jaga pelaksanaan Natal di Minahasa agar berjalan aman dan lancar," ujar dia. *

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved