Polres Minahasa Larang Arakan Sinterklas

Biasanya memasuki bulan Desember, banyak sekali iven sinterklas yang dibuat baik dari jemaat ataupun organisasi.

Polres Minahasa Larang Arakan Sinterklas
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Parade Santa Claus di Boulevard Manado, Sabtu (6/12). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,TONDANO- Biasanya memasuki bulan Desember, banyak sekali iven sinterklas yang dibuat baik dari jemaat ataupun organisasi.

Sering kali ditemukan iven sinterklas disertai dengan arakan atau rombongan, khusus tahun 2016 ini rombongan sinterklas tidak akan diizinkan lagi.

"Untuk sinterklas aturannya masih sama dengan lalu, tidak izinkan apabila ada arakan di jalan gunakan kendaraan, karena dua tahun lalu itu jadi masalah," jelas AKP Ferdinan Runtu Kasat Lantas Polres Minahasa, Jumat (2/11).

Menurutnya, sinterklas seperti itu tidak efektif atau maknanya disalahgunakan."Kalau sinterklas menggunakan konvoi jelas akan menimbulkan macet, rawan Laka, tindak pidana," jelas dia.

Ia menjelaskan, nanti jika ada seperti itu, polisi lalulintas akan langsung cek izin." Kita akan persuasif tindaki jika sudah sangat mengganggu," ujarnya.

Untuk itu ia meminta kerjasama pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Jika memang sudah sangat mengganggu, polisi akan mengambil tindakan menghentikan rombongan sinterklas tersebut dan memanggil penanggungjawabnya untuk memberikan pertanggungjawaban.

"Silakan laksanakan sinterklas di lokasi terntentu, tidak usah menggunakan badan jalan, atau lakukan di lokasi seputaran saja," ujarnya.
Selain itu, untuk mengurus izin harus dilakukan sepengetahuan dari hukum tua atau lurah."Jangan sampai nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," jelas dia

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved