Direktur Kebersihan PD Klabat Optimistis Minut Raih Adipura

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terus berusaha menyosialisasikan kebersihan di daerah ini.

Direktur Kebersihan PD Klabat Optimistis Minut Raih Adipura
TRIBUNMANADO/ALEXANDER PATTYRANIE/YOUTUBE
Destinasi Wisata Kaki Dian Minahasa Utara, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terus berusaha menyosialisasikan kebersihan di daerah ini.

Nico Sumakud, Direktur Kebersihan PD Klabat, mengatakan, masyarakat harus sadar membuang sampah pada tempatnya. "Saat ini masyarakat belum menyadari dan membuang sampah sembarangan, sudah dilakukan sosialisasi, semuanya tergantung pada masyarakat, buanglah sampah pada tempatnya," kata dia, Selasa (29/11).

Sumakud mengatakan, PD Klabat masih terbatas armada sampah, saat ini kendaraan pengangkut sampah hanya enam unit. "Kita ajukan 10 armada, kalau tiap kecamatan ada 1 armada sampah cukup praktis," ujarnya.

Menurutnya, di perumahan dan masyarakat tidak membayar operasional sampah. "Pemerintah desa terlambat membuat perdes penagihan uang kebersihan, kalau mereka sudah bikin perdes, otomatis masyarakat ikut perdes. Ketika mereka datang memohon, kita akan buat. kalau mau jemput bola kami tak langsung beri format perjanjian. Mereka yang harus datang pada kami," jelasnya.

Lanjut dia, saat ini antusiasme masyarakat cukup baik mengenai kebersihan. "Biasanya di perum mereka belum bayar biaya kebersihan, mau tidak mau kita tetap angkat," ujarnya.

Lanjut dia, Saat ini belum ada target PAD, semua ada pada keputusan pemerintah, pihak PD Pasar hanya pelaksana. "Sosialisasi sudah dilakukan, empat kecamatan dilakukan sosialisasi, Dimembe, Airmadidi, Kauditan dan Kalawat. Anggaran operasional armada masih ditanggung BPLH dan honor tenaga kerja ditanggung BPLH," terangnya.

Meski begitu, ia optimistis Minut raih Adipura. "Saya ajak masyarakat untuk jaga kebersihan, agar Minahasa Utara bisa raih Adipura, saya yakin pasti kita raih Adipura," tuturnya. *

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved