Realisasi PBB Desa di Bolmong Nyaris 100 Persen

Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menggembirakan.

Realisasi PBB Desa di Bolmong Nyaris 100 Persen
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Bupati Bolmong Utara Depri Pontoh

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menggembirakan.

Sebab, hingga 28 Oktober 2016 sebagian besar desa mampu merealisasi penerimaan PBB hingga 100 persen saat dilakukan evaluasi oleh Bupati Drs Hi Depri Pontoh.

‘’Sebagai pemerintah daerah, saya sangat memberi apresiasi positif kepada desa-desa yang mampu merealisasikan PBB hingga 100 persen. Ada beberapa desa lagi yang belum 100 persen, tapi karena masalahnya jelas, jadi diharapkan bisa segera diselesaikan dengan cepat,’’ kata Bupati, Rabu (9/11).

Penerimaan pajak menurut Bupati sangat penting, sebab dapat menopang proses pembangunan di daerah.

‘’Pajak menjadi sumber pemerintah untuk menambah pundi-pundi keuangan untuk menopang suksesnya pembangunan di daerah,’’ tegasnya.

Khusus wajib pajak yang masih menunggak diharapkan Bupati, segera melunasinya dan menjadi tugas sangadi untuk mengunjungi penunggak, jika yang brsangkutan berada di luar daerah karena tugas.

‘’Jika wajib pajak taka da ditempat, maka harus dikunjungi oleh sangadi. Tak boleh menjadi satu kendala,’’ ujar Bupati.

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Suriansyah Korompot berharap, seluruh camat dapat mengkoordinir seluruh sangadi agar dapat memacu penerimaan PBB untuk mendongkrak pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam mensukseskan pembangunan.

Adapun target PAD pada tahun ini mencapai Rp 3,3 Miliar dan hingga Oktober mampu direalisasi Rp 3,5 Miliar atau 104,3 persen. Sedangkan untuk retribusi daerah direalisasi Rp 1,9 Miliar atau 29,1 persen dari target Rp 6,5 Miliar.

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Susanto_Amisan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved