Sungai Marwasei Minsel Tercemar Sampah dan Kotoran Manusia

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendapati bahwa Sungai Marwasei yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tercemar

Sungai Marwasei Minsel Tercemar Sampah dan Kotoran Manusia
NET
Ilustrasi

  

Laporan wartawan Tribun Manado Fionalois Watania

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG - Beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendapati bahwa Sungai Marwasei yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tercemar .

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup (LH) Dorkas Singkala. "Kami sudah menerima surat dari Dinas Kesehatan Provinsi.

Disitu diuraikan bahwa sungai Marwasei tercemar," katanya kepada Tribun Manado, Minggu (6/11).

Menindaklanjuti surat tersebut dia mengaku berencana untuk menyosialisasikan ke camat khusus yang tinggal di Daerah Aliran Sungai agar jangan membuang sampah di sungai.

"Sampah dan kotoran manusia adalah penyebab dari tercemarnya sungai. Ini sangat berbahaya karena kalau sudah tercemar kotoran manusia dan hewan, maka air sungai sudah tidak bersih lagi karena sudang mengandung bakteri e-coli yang bisa mendatangkan penyakit," jelasnya.

Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Minsel, dr. Ternie Paruntu mengaku belum melakukan sosialisasi hingga saat ini. "Masih dalam tahap perencanaan. Kami juga menghimbau bagi warga agar tidak membuang sampah dialiran sungai. Mari kita jaga lingkungan kita agar bersih. Demi kebaikan kita bersama," ujarnya.

Dia menambahkan aliran air yang menuju muara marwasei tidak hanya dari warga yang tinggal di Kecamatan Suluun-Tareran namun juga dari Minahasa. "Nantinya kami juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten yang ada di Minahasa. Semakin banyak yang sadar, semakin cepat lingkungan bersih," kuncinya. 

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved