Wali Kota Ingin Tomohon Punya Aparat Pajak Profesional

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menginginkan, penerimaan PBB-P2 harus maksimal, kalau perlu target pendapatan 100 persen."

Wali Kota Ingin Tomohon Punya Aparat Pajak Profesional
TRIBUN MANADO/WARSTEF ABISADA
Wali Kota Tomohon, Jimmy Eman. 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Pajak Bumi Bangunan Perkotaan Perdesaan (PBB-P2) merupakan satu di antara sumber andalan Pemerintah Kota Tomohon meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebab itu Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menginginkan, penerimaan PBB-P2 harus maksimal, kalau perlu target pendapatan 100 persen harus dicapai.

"Seluruh daerah di Indonesia sudah diharuskan melakukan pemungutan PBB-P2 sebagai pajak daerah, sesuai amanat Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, dengan masuknya PBB-P2 sebagai pajak daerah tentu merupakan peluang besar terhadap peningkatan PAD," ungkap Eman saat kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Teknis Aparat Pengelola (PBB-P2) di Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tomohon bertempat di AAB Guest House, Matani Tomohon, Selasa (18/10).

Wali Kota menyampaikan, PBB-P2 juga punya kendala dalam penerapannya, semisal tidak sedikit membawa persoalan yang diwariskan dari pemerintah pusat.

Selain itu menyangkut akurasi data wajaib pajak, ada juga sengketa-sengketa tanah yang banyak mengaitkan dengan proses pemungutan PBB-P2.

Eman mengharapkan, agar pengelolaan PBB-P2 bisa maksimal, perlu ada pembinaan teknis aparat pengelola PBB "Ini sangatlah penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan PBB," kata dia.

Ia menyadari kondisi saat ini, Pemkot masih memiliki keterbatasan pada sumber daya manusia yang mampu mengelola PBB secara profesional, dan dibutuhkan adanya pembinaan teknis bagi para aparat agar pencapaian target PBB dapat diwujudkan dalam rangka menopang penyelenggaraan pembangunan di Kota Tomohon.

Tampil sebagai pemateri yakni Metsen B H Imbing Penilai PBB Kantor Pelayanan Pajak Paratama Manado, Kanwil Pajak Wilayah Suluttenggo.

Imbing mengatakan, dampak PBB-P2 nantinya akan dinikmati oleh seluruh masyarakat Tomohon.

Melalui kegiatan ini para peserta yang adalah seluruh Camat dan Lurah serta perangkat Kelurahan yang menangani PBB-P2 serta Staf di Dinas PPKBMD Kota Tomohon mendapatkan pengetahuan tentang cara-cara atau kiat-kiat dalam meningkatkan penerimaan PBB, Peningkatan potensi penerimaan PBB, Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan instansi pemungut pajak dalam pengelolaan PBB.

Salah satu teknik yang coba diserap aparat Pemerintah mengelola PBB P2 menyangkut cara mendata Potensi wajib pajak yang akurat.

Aparat pemerintahan di latihh tatacara pendataan dan penggisian dokumen Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) dan Lampiran-Surat Pemberitahuan Obyek Pajak (L-SPOP). (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved