Pengamat: Dilihat Sejarahnya Penunjukan Jonan Obyektif, Arcandra Politis

Direktur Eksektutif IESR Fabby Tumiwa menilai, penunjukan Ignasius Jonan jadi Menteri ESDM dan Acandra Tahar sebagai wakil merupakan sebuah kompromi

Pengamat: Dilihat Sejarahnya Penunjukan Jonan Obyektif, Arcandra Politis
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Joko Widodo memberikan selamat kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan usai acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2016). Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan menjadi Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar yang diberhentikan karena memiliki kewarganegaraan ganda. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Direktur Eksektutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menilai, penunjukan Ignasius Jonan menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar sebagai wakilnya merupakan sebuah kompromi.

Sebab, publik sebelumnya sudah mengetahui kisah politik Jonan dan Arcandra sebelum keduanya mengisi jabatan bergengsi di kementerian strategis tersebut.

"Kalau dilihat dari sejarahnya, penunjukan Jonan sifatnya obyektif, sedangkan Arcandra politis," kata Fabby dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10/2016).

Fabby melanjutkan, untuk menjadi menteri, seseorang tak hanya cukup memiliki pengetahuan yang sesuai dengan bidang kerja kementerian yang dipimpin.

Ini karena sejatinya memimpin sebuah kementerian juga menggerakkan birokrasi yang besar.

Menurut Fabby, kemampuan menggerakkan birokrasi jelas dimiliki oleh Jonan.

Sebab, Jonan telah menunjukkan kemampuannya saat mereformasi PT KAI.

Fadly pun menganggap kinerja Jonan saat memimpin Kementerian Perhubungan layak diapresiasi.

Sementara itu, kata Fabby, Arcandra sama sekali tak memenuhi syarat sebagai wakil menteri karena tidak memiliki pengalaman memimpin birokrasi sebelumnya.

Terlebih lagi, Arcandra sempat diberhentikan dari Jabatan Menteri ESDM karena masalah kewarganegaraan.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved