Tribun Manado TV

Wuih! di Mitra Ada Buah Nanas Seharga Rp 50 Juta

Di Minahasa Tenggara (Mitra) tepatnya di Desa Mangkit, Kecamatan Belang ada buah nanas seharga 50 juta.

Liputan Wartawan Tribun Manado, Valdy Vieri Suak

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Buah nanas pada umumnya sering ditemui dibeberapa daerah di Sulawesi Utara (Sulut), dengan harga normal Rp 5-10 ribu.

Tapi di Minahasa Tenggara (Mitra) tepatnya di Desa Mangkit, Kecamatan Belang ada buah nanas seharga 50 juta.

Nanas yang dibandrol seharga motor sport ini bukan seperti nanas biasa pada umumnya, namun memiliki bentuk yang unik. Dengan satu buah besar, enam buah kecil dibagian bawah serta dua buah kecil dibagian atas membuat nanas ini tampak unik, sehingga dinamai nanas sembilan karena memiliki sembilan buah yang menyatu.

Nanas yang terpajang depan rumah tepat dipinggiran jalan raya ini ternyata sudah banyak dikenal sejal dipanen dua Minggu lalu. Beberapa pengendara yang lewat sempat mampir dan mengabadikan momen lewat foto bersama buah unik itu. "Saya hanya lewat tapi kaget lihat ada nanas sebesar itu dengan bentuk unitk, saya mampir dan langsung ambil foto," ujar Selvi Paparang.

Ia mengatakan sempat bertanya kepada pemilik nanas tersebut apakah mau dijual. "Tapi mereka bilang tidak dijual karena hanya satu saja," katanya.

Rupanya buah nanas itu bukan terbentuk karena faktor alam tapi sudah ada bibit serupa sebelumnya. "Saya diberikan teman tapi dia bilang hanya tinggal tiga saja, terus saya tanam ketiganya namun dua dipotong orang tinggal satu saja," ujar Yansen Mantandatu (59) pemilik buah Nanas. Menurutnya, buah nanas tersebut tak seperti proses pertumbuhan nanas biasa. "Kalau yang ini lebih lebat saat masih di tanah, proses pertumbuhan juga lebih lama. Pokoknya sebelum di panen saja jaga baik-baik karena sebelumnya dua bibit nanas sembilan ini dipotong orang," katanya.

Sampai saat ini ia pun belum mengetahui secara pasti apakah buah nanas tersebut sudah dikembangkan lebih banyak di daerah lain atau belum. "Saya tidak tahu kalau ada di tempat lain, tapi secara pribadi baru kali ini saya temukan nanas seperti ini," jelasnya.

Ditanyai apakah akan dijual pria yang biasa disapa Yan ini sempat merenung, sebelum mengiyakan jika ada tawaran bagus. "Ini hanya satu saja kalau ada yang mau bayar saya jual 50 juta bisa nego, siapa tau ada pengusaha atau pengembang di bidang pertanian yang ingin nanas ini dikembangkan," jelasnya.

Secara pribadi pun ia mengaku sangat ingin mengembangkan buah nanas tersebut. "Siapa tahu biasa jadi produk unggulan, tak usa Indonesia atau Provinsi jadi produk unggulan Kabupaten saja sudah mantap," akunya.

Lebih lanjut ia katakan, kedepannya akan melakukan penanaman dengan mengambil bibit dari Nanas tersebut. "Saya akan cobah tabam satu areal dengan nanas biasa siapa tahu terjangkit atau terjasi perkawinan silang alam, tapi lebih pasti jika ada masukan dari ahli pertanian," jelasnya.

Penulis: Valdy Suak
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved