Meski Tiga Tahun Berturut-Turut Dapat Opini WTP, LPPD Boltim Terendah di Sulut

Nilai Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) 2015 terendah di Sulawesi Utara.

Meski Tiga Tahun Berturut-Turut Dapat Opini WTP, LPPD Boltim Terendah di Sulut
net

Laporan Wartawan Tribun Manado Aldi Ponge

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Nilai Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) 2015 terendah di Sulawesi Utara

Hal ini bertolak berlakang dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang sudah tiga kali berturut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

"Ini karena satuan kerja tak memasukan data. Mereka kurang kooperatif," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Suharto Paputungan, pada Jumat (7/10). 

Akibatnya Boltim hanya mendapat nilai C kalah dan lebih rendah dari dari daerah lain.

"Ke depan kami harapkan seluruh kepala satuan kerja agar kooperatif memasukan laporan. Padahal selama ini kami sudah jemput langsung dan memberikan format isian," bebernya. 

Bupati Boltim Sehan Landjar mengakui Boltim hanya mendapatkan nilai C atas penilaian LPPD oleh Kemendagri. 

"Boltim sudah tiga kali mendapatkan WTP secara administratif tapi dalam penilaian tentang penilaian out put pembangunan dengan visi misi. Ke depan ini harus normal dinilai B atau A," ungkapnya. 

Dia mengungkapkan rendahnya nilai tersebut diakibatkan keterlambatan satuan kerja memasukan data. 

"Sehingga Tapem sulit untuk menghitung sasaran. Tak hanya soal program over target atau selesai. Tapi apakah sesuai sasaran visi misi atau tidak," bebernya.

Penulis: Aldi Ponge
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved