Aksi Doger di Wilayah Kecamatan Kalawat Mulai Marak

Kabupaten Minahasa Utara, khususnya wilayah kecamatan Kalawat, kini marak dengan kasus pencurian anjing oleh para doger.

Aksi Doger di Wilayah Kecamatan Kalawat Mulai Marak
TRIBUN MANADO/ALEXANDER PATTYRANIE

Laporan Wartawan Tribun ManadoFerdinand Ranti

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Kabupaten Minahasa Utara, khususnya wilayah kecamatan Kalawat, kini marak dengan kasus pencurian anjing oleh para doger.

Seperti yang dikatakan Camat Kalawat, Marco F Karongkong bahwa sejumlah warga di wilayahnya mengaku kehilangan hewan peliharaan mereka.

Mengantisipasi masalah tersebut, pihaknya akan mengktifkan kembali penjagaan di setiap pos kamling yang tersebar di 12 Desa yang ada di Kecamatan Kalawat.

"Untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas serta pencurian. Saya menginstruksikan kepada para kumtua agar melakukan ronda serta mengaktifkan kembali pos kamling," ujarnya kepada Tribun Manado, Jumat (30/9).

Menurutnya, kejahatan tidak pernah tahu kapan akan terjadi, harus mewaspadai dan mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan.

Camat menambahkan, di setiap desa ada Mapalus kamtibmas dan aktif. "Selain pencurian juga, kami bisa antisipasi terjadinya tawuran antar jaga," kata dia.

Ia mengimbau agar jangan main hakim sendiri jika menemukan pelaku pencurian dan serahkan sepenuhnya pada petugas desa.

"Jangan main hakim sendiri, ada pihak berwajib yang menangani. Juga jangan terprovokasi dan memprovokasi, ciptakan suasana aman dan nyaman," ujarnya.

Di daerahnya memiliki beberapa perumahan, menurutnya disetiap perumahan telah dipasang portal.

"Sudah dipasang portal, jadi masuk keluar hanya satu pintu. Ada tamu segera laporkan kepada aparat Desa," kata dia.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved