Polres Bolmong Siap Memproses Hukum Para Pelaku Kampanye Hitam

Media Sosial termasuk di dalamnya akun facebook yang seharusnya digunakan secara baik dan positif, sering disalah gunakan oleh oknum tak bertangjawab.

Polres Bolmong Siap Memproses Hukum Para Pelaku Kampanye Hitam
NET
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Media Sosial termasuk di dalamnya akun facebook yang seharusnya digunakan secara baik dan positif, sering disalah gunakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Seperti yang terjadi di Bolaang Mongongondow, jelang Pilkada 2017, dimana media sosial khususnya di grup diskusi kursi panas menuju bupati Bolmong, mulai muncul hujatan atau kampaye hitam yang saling menyudutkan para calon.

Menanggapai masalah ini yang mulai meresahkan kalangan masyarakat Bolmong, Polres Bolmong siap mengawal dan mengamankan kejahatan dunia maya.

Kasubag Humas Polres Bolmong, AKP Saiful Tammu menegaskan jika Black Campaign (Kampanye Hitam) dengan maksud menyudutkan satu diantara pasangan calon akan diproses secara hukum.

"Pelaku kampanye hitam akan ditindak, dalam KUHP disebutkan barang siapa, berarti tak lepas dari media atau wartawan kami akan tindak," kata Tammu kepada Tribun Manado Selasa (27/9).

Tammu mengatakan, pihaknya bukan membatasi orang untuk mengungkapkan pendapat, namun tetap ada aturan yang mengatur. "Misalnya pers, itu sudah diatur dalam undang-undang pers serta kode etik jurnalis," katanya.

Dirinya juga menjelaskan, jika ada kandidat atau bakal calon yang keberatan dengan pemberitaan salah satu media atau akun facebook, maka pihak mereka tetap akan memproses laporannya.

Apalagi itu sudah mengarah pada tindakan provokatif. Semua akan kita tindak termasuk bagi pemilik akun-akun facebook yang dianggap sudah melanggar Undang-Undang Informasi dan Teknologi.

Ia meminita pihak media agar dapat menjaga pemberitaan yang berimbang, dan tidak menjurus pada kampanye hitam.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Polres Bolmong sedang melakukan pelacakan terhadap mereka yang melakukan kampanye hitam. Baik media sosial, dimasyarakat dan tidak luput juga para media yang melakukan hal serupa.

Selain itu, banyak akun palsu yang menghujat, membeberkan masalah-masalah pribadi sampai menjurus pada provokasi membanjir di grup kursi panas menuju kursi bupati Bolmong.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved