REI Sulut Apresiasi Turunnya BPHTB, Gairahkan Bisnis Perumahan

Ketua DPD REI Sulut, Ruddy Kululu mengatakan, turunnya BPHTB diharapkan mampu menggairahkan sektor perumahan.

REI Sulut Apresiasi Turunnya BPHTB, Gairahkan Bisnis Perumahan
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Ilustrasi pameran perumahan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Sulut menyambut baik keputusan pemerintah yang merelaksasi Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari 5 persen menjadi 2,5 persen.

Ketua DPD REI Sulut, Ruddy Kululu mengatakan, turunnya BPHTB diharapkan mampu menggairahkan sektor perumahan.

"Kami menyambut baik keputusan penurunan BPHTB, dari 5 persen menjadi 2,5 persen, karena akan memberika dampak positif bagi penjualan rumah," ujarKetua DPD REI Sulut, Ruddy Kululu.

Selain memberikan gairah terhadap penjualan properti di Sulawesi Utara (Sulut), juga akan memberi kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah layak huni dengan harga terjangkau.

Terlebih, Presiden Joko Widodo sendiri telah menetapkan target pembangunan 1 juta rumah bersubsidi sepanjang tahun 2016. REI Sulut sendiri menargetkan pembangunan 4.000 rumah bersubsidi di wilayah Sulut.

Dengan turunnya BPHTB ini pun, Kululu mengharapkan ada inisiatif kabupaten dan kota dengan hadirnya ketentuan terbaru ini yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 36 Tahun 2016 ini. "Kami berharap ini bisa ditindak lanjuti oleh kabupaten dan kota, terutama dalam upayamemenuhi kebutuhan rumah layak bagi masyarakat kita," ungkapnya.

Saat ini, penjualan rumah di Sulut masih didominasi oleh konsumen rumah bersubsidi. Sementara segmen rumah komersial cenderung lebih sedikit. Setidaknya peminat rumah bersubsidi sebesar 70 persen sedangkan konsumen untuk rumah komersil sebesar 30 persen.

Sebelumnya, Branch Manager PT BTN Manado, Supriyanto mengungkapkan selang semester I/2016 ini BTN telah menyalurkan kredit perumahan bersubsidi senilai Rp 220 miliar, dengan 1.005 unit rumah yang tersebar di Manado, Minahasa Utara, Tomohon, Mitra, Minsel, Boltim dan Kotamobagu. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved