Smart Woman

Jadi Istri dan Abdi Negara Butuh Banyak Penyesuaian. Ini Cerita Yunita Cristy Takaontaleng

MENJALANKAN peran sebagai abdi negara dan istri dalam rumah tangga, bagi Yunita Cristy Takaontaleng, butuh banyak penyesuaian.

Jadi Istri dan Abdi Negara Butuh Banyak Penyesuaian. Ini Cerita Yunita Cristy Takaontaleng
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Yunita Cristy Takaontaleng 

Laporan wartawan Tribun Manado Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  MENJALANKAN peran sebagai abdi negara dan istri dalam rumah tangga, bagi Yunita Cristy Takaontaleng, butuh banyak penyesuaian.

"Memang tidak mudah menjadi seorang pegawai, apalagi bekerja dengan tanggung jawab yang besar. Namun, dukungan keluarga membuat saya terus bersemangat untuk berkarya," terang perempuan kelahiran Tahuna, Kabupaten Sangihe, 1 Juli 1989.

Ditemui pada kegiatan bursa kerjadi Manado Town Square belum lama ini, Cristy terlihat begitu sibuk memberikan kartu tanda peserta pada proses verifikasi calon pekerja.

"Kalau ada even besar seperti ini kita harus teliti, karena data yang kita buat akan dilaporkan ke Kementerian Ketenagakerjaan. Tidak boleh keliru karena mereka akan melihat seberapa besar antusias para pencari kerja di Sulawesi Utara," kata perempuan yang memiliki latar belakang pendidikan perawat.

Untuk urusan ekonomi keluarga, Cristy sementara mengusahakan jasa fotokopi dan pencetakan di Kota Bitung. Sebagai pendamping suami, ia merasa perlu menambah pemasukan keluarga. Selain itu, keuntungan usaha bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya, termasuk bekal hari tua.

"Hal seperti ini harus kita pikirkan jauh hari sebelumnya. Apalagi ini juga untuk masa depan anak kami," kata ibu satu anak ini.

Meskipun sibuk bekerja dan kuliah, ia tidak pernah melupakan tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga. Sebagai pendamping ia harus telaten menjalankan tugas-tugasnya.

"Setiap pagi saya menyiapkan sarapan untuk keluarga, tidak lupa juga mempersiapkan pakaian kerja untuk suami. Kegiatan seperti ini tidak boleh dikesampingkan, karena lewat masakan kita menyampaikan rasa cinta kepada keluarga," kata Cristy. (felixtendeken)

Halaman
Penulis:
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved