Bupati Minahasa Siap Kembangkan Desa Adat di Minahasa

Bupati Minahasa Jantje Sajow siap mengembangkan desa adat di Minahasa.

Bupati Minahasa Siap Kembangkan Desa Adat di Minahasa
IST
Bupati Minahasa, Drs Jantje W Sajow MSi. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,TONDANO - Bupati Minahasa Jantje Sajow siap mengembangkan desa adat di Minahasa, niatan tersebut muncul setelah mengikuti Seminar Nasional Pemberdayaan Sistem Pemerintahan Desa Adat dalam Penataan Sistem Ketatanegaraan, di Gedung Nusantara V MPR RI, Senayan Jakarta, Kamis (25/8).

Seminar yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian MPR RI dan Dewan Pimpinan Nasional Kerukunan Masyarakat Hukum Adat Nusantara (DPN KERMAHUDATARA) tersebut mengambil tema Untuk Kelangsungan Hidup Bangsa dan Negara yang Berbhinneka Tinggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

Seminar tersebut dibuka oleh Ketua MPR RI Dr Zulkifli Hasan SE MM yang dihadiri pula oleh Wakil Ketua MPR RI Letjen TNI (Purn) EE Mangindaan SIP, segenap Anggota DPR/MPR RI, Ketua Umum DPN Kermahudatara Dr HP Panggabean SH MS, para tokoh nasional, tokoh agama dan tokoh adat dari perwakilan berbagai suku se-Indonesia, yang diawali dengan Laporan Ketua Panitia Brigjen TNI (Purn) JM Lumban Tobing MSc.

Seminar yang digelar seharian tersebut menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Prof Dr Wayan Wandia SH MSi, Dr HP Panggabean SH MS dan Brigjen TNI (Purn) JML Tobing MSc, yang ditutup dengan pembahasan kesimpulan dan saran oleh Badan Pengkajian MPR RI serta Tim Perumus Panitia.

Bupati Minahasa mengapresiasi penyelenggaraan seminar nasional yang dapat membahas semua aspirasi dan gagasan dari semua komponen adat dan suku ini serta menghasilkan suatu konsep strategik dalam memberdayakan sistem pemerintahan Desa Adat dan penataan sistem ketatanegaraan Indonesia.

"Konsep-konsep tersebut nantinya kita akan sesuaikan dengan daerah kita di Minahasa juga yang memiliki sembilan suku, nanti ditata sebagai warisan khas Minahasa," jelasnya

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved