Senator Sulut Protes Perubahan Nama Bandara Samrat

"Pergantian nama memberi kesan menghilangkan keharuman nama Pahlawan Nasional Sam Ratulangi," ujar Liow

Senator Sulut Protes Perubahan Nama Bandara Samrat
Kegiatan Ketua DPD RI Irman Gusman didampingi Stefanus Liow dan Marhany Pua saat mengunjungi RS Pancaran Kasih GMIM, Jumat (5/8). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Empat senator asal Sulawesi Utara, Stefanus BAN Liow, Marhany V Pua, Benny Rhamdani dan Fabian Sarundajang menolak perubahan nama Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado menjadi Manado International Airports (MIA).

Penolakan ini disampaikan Stefanus BAN Liow saat menyampaikan laporan kunjungan kerja dan penyerapan aspirasi empat senator Sulut dalam Sidang Paripurna DPD RI di gedung Nusantara V, Parlemen Senayan, Senin (15/8).

"Langkah PT Angkasa Pura sepihak mengganti nama ini menciderai filosofi dan sejarah daerah ini. Pergantian nama memberi kesan menghilangkan keharuman nama Pahlawan Nasional Sam Ratulangi," ujar Liow dalam keterangan tertulis ke Tribun.

Hal lain yang disampaikan dalam laporan itu, pemerintah kabupaten kota meminta dikembalikannya sejumlah kewenangan karena tak sejalan lagi dengan semangat otonomi daerah.

"Seiring dengan dirubahnya UU Nonor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah saat ini banyak potensi daerah ditarik ke pusat, antara lain pengelolaan pesisir pantai, pajak golongan c, potensi air bawah tanah, potensi perikanan," ujar Liow.

Dalam persidangan yang dipimpin Wakil Ketua DPD RI Prof Dr Farok Muhammad dan Gusti Kajeng Ayu Hemas itu, Liow menyoroti keluhan ratusan karyawan PT Bangun Wenang Beverages Company yang sebelumnya produsen minuman bersoda Coca Cola di Sulut.

Dimana, karyawan sudah tak mendapatkan hak-hak mereka berupa gaji, tunjangan kesehatan dan hak lainnya selang enam bulan terakhir. "DPD RI akan mendorong penyelesaian perselisihan hak-hak dari sekitar 400 karyawan PT Bangun Wenang Beverage Company Manado," katanya.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved