Musa Masih Rahasiakan Camat Motongkad dan Mooat

"Staf kecamatan sudah ada. Untuk camat masih rahasia," ucapnya.

Musa Masih Rahasiakan Camat Motongkad dan Mooat
istimewa
Pertanian holtiikultura dengan latar belakang Danau Mooat di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bakal memiliki dua kecamatan baru. Jika tak ada perubahan, Kecamatan Motongkad dan Mooat akan diresmikan pada akhir Agustus ini.

"Kami sudah siap melantik dua camat. Telaah sudah diajukan ke Bupati. Jadwalnya akhir bulan ini," ujar Asisten I Setda Boltim Amin Musa, Selasa (9/8/2016).

Dia mengatakan, pembentukan dua kecamatan itu sudah tidak ada lagi kendala. Pemerintah provinsi sudah menyetujui dua peraturan daerah pemekaran kecamatan tersebut.

"Staf kecamatan sudah ada. Untuk camat masih rahasia," ucapnya.

Ibukota Kecamatan Motongkad berada di Desa Motongkad sedangkan kecamatan Mooat beribukota di Guaan.

"Untuk sementara masih akan menyewah rumah warga sebagai kantor. Dua kecamatan akan mendapatkan dana operasional masing-masing Rp 100 juta," terangnya.

Bupati Sehan Landjar mendesak agar peresmian dua kecematan tersebut segera dilakukan pekan ini. Dia meminta bawahannya agar segera melakukan persiapannya.

"Minggu depan sudah dapat dilakukan pelantikan untuk pimpinan dua wilayah tersebut," ujarnya akhir pekan lalu.

Terkait posisi camat, dia menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut pada kajian Badan Petimbangan Jabatan dan kepangkatan (Baperjakat).

"Untuk camat, saya serahkan kepada Baperjakat untuk melakukan analisasi orang yang paling tepat memimpin dua wilayah ini," ucapnya.

Pemda Boltim mengajukan pemekaran tiga kecamatan yakni Mooat, Motongkad dan Buyat, pada 2014 silam. Namun, pemprov hanya menyetujui dua kecamatan sedangkan Buyat tak memenuhi syarat karena hanya enam dari 10 desa. (aldiponge)

Penulis: Aldi
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved