Penuh Sampah, Wawali Bitung Ogah Mandi di Pantai ini

Sudah menjadi rahasia umum, Pantai Batu Angus, Kelurahan Kawasari, Aertembaga kotor karena sampai. Sepanjang pantai, sampah berbagai jenis berserakan.

Penuh Sampah, Wawali Bitung Ogah Mandi di Pantai ini
Wawali Bitung Maurits Mantiri turun tangan bersama jajarannya membersihkan Pantai Batu Angus dari sampah, Sabtu (9/7/2016). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Sudah menjadi rahasia umum, Pantai Batu Angus, Kelurahan Kawasari, Aertembaga kotor karena sampai. Sepanjang pantai, sampah berbagai jenis berserakan.

Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri pun mengurungkan niatnya mandi di pantai yang sejatinya masuk area Taman Wisata Alam (TW) Tangkoko Batu Angus. "Jadi hilang mau untuk mandi karena banyak sampah," ujar Mantiri, akhir pekan lalu.

Mantiri pun berinisiatif mengangkat sampah dan mengumpulkannya lalu dibakar. Ia didampingi
Camat Aertembaga Sifrit Mandak, Panglima Panji Yosua Pria Kaum Bapa (P/KB) GMIM Rayon Bitung, Bitung Club Diving (BCD) dan sejumlah warga.

Mereka langsung melakukan kerja bakti mengangkat dan membersihkan semua sampah. "Coba kalau sudah bersih seperti ini, bisa jadikan tempat untuk rekreasi sambil menginap oleh para pengunjung," kata Mantiri.

Tak hanya sampah di pesisi pantai, dia juga meminta personil BCD untuk nyemplung ke air lalu membersihkan segala macam dan jenis sampah yang ada di laut. "Kalau bersih kan enak di pandang mata dan dijadikan tempat pemandian," tambahnya.

Andre Yakuza pemerhati lingkungan yang berada di lokasi menilai butuh perhatian ekstra dari pemerintah dengan menyiapkan tempat sampah. "Saya melihat sampah-sampah yang berserakat karena tidak ada tempat pembuangan sampah jadi perlu ada tempat sampah disitu," jelas Andre.

Lanjutnya, untuk sistem angkut diserahkan sepenuhnya kepada dinas dan instansi terkait. "Bisa dijadwalkan setiap akhir pekan usai pengunjung datang baru diangkat sampah-sampahnya," tandasnya.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved