PN Tondano Siap Berlakukan Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Pemerkosaan

Peringatan keras untuk warga agar jangan melakukan perbuatan seperti cabul atau pemerkosaan, khususnya anak di bawah umur

PN Tondano Siap Berlakukan Hukuman Kebiri Bagi Pelaku Pemerkosaan
net
Ilustrasi Kebiri Kimiawi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus 

TRIBUNMANADO.CO.ID,TONDANO - Peringatan keras untuk warga agar jangan melakukan perbuatan seperti cabul atau pemerkosaan, khususnya anak di bawah umur, sebab Pengadilan Negeri Tondano bakal memberlakukan hukuman kebiri bagi para pelaku. 

"Sampai sekarang belum ada, sebab nampaknya kalau kebiri tidak manusiawi, sebab itu ciptaan Tuhan diberikan kalau disalahgunakan ada hukumannya, saya rasa hukum badan saja kan tidak perlu dikebiri," jelas Julien Mamahit ketua PN Tondano

Namun ia tak menampik, jika hukuman kebiri bisa saja diberikan kepada pelaku seperti yang ditetapkan dalam Undang-undang dan peraturan pengganti perundang-undangan. 

"Tapi kalau pemerintah mau mengharapkan bisa begitu ya kami pelaksana undang-undang apa yang ditetapkan oleh DPR akan kami laksanakan, itu kan bukan kami yang buat undang-undang," jelas dia. 

Ia menambahkan juga, soal keputusan untuk hukuman kebiri tergantung dari keputusan di pengadilan."Nanti dalam putusan dalam pengadilan kan ada putus pengadilan yang lain, tapi kalau sudah keterlaluan barangkali umpanya satu kali disikat berapa orang anak dianiaya bisa saja," ujarnya. 

Menanggapi adanya penolakan dokter yang akan melakukan kebiri jika ada terdakwa yang didakwa cabul, ia menjelaskan semua harus menjalani keputusan yang diambil."Kan ada dokter polisi yang akan laksanakan," ujarnya. 

Memang di Minahasa sudah beberapa kali terjadi tindakan cabul bahkan ada yang sampai ke perbuatan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur, namun yang diberlakukan baru sebatas hukuman badan saja. 

Penulis: Alpen_Martinus
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved