Empat Kementerian Bentuk Tim untuk Potong Rantai Distribusi Pangan

Kementerian Pertanian, Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi dan UKM telah sepakat membentuk tim untuk mengendalikan harga pangan.

Empat Kementerian Bentuk Tim untuk Potong Rantai Distribusi Pangan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi.

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pertanian, Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi dan UKM telah sepakat membentuk tim untuk mengendalikan harga pangan.

"Tim ini dibentuk dengan lengkap, anggotanya termasuk dari eselon satu dan dua. Kami ingin tim ini berjalan secara terus menerus bukan hanya pada Ramadhan tetapi juga setelahnya," ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Jumat (10/6/2016).

Amran menjelaskan fokus utama yang akan dilakukan untuk mengendalikan harga pangan adalah dengan memotong rantai pasokan dari hulu ke hilir. Dengan demikian, petani, pengusaha, dan konsumen sama-sama diuntungkan.

Adapun tugas tim bersama itu adalah mengamankan pasokan pangan serta menyusun konsep struktur baru pasar pangan.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan kerja sama empat menteri terkait pangan ini merupakan sebuah langkah maju.

"Masalah di satu kementerian merupakan tanggung jawab bersama, tidak boleh ada yang saling menyalahkan," tutur dia.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menambahkan bahwa pemerintah siap memotong rantai pasokan pangan agar harga yang sampai di tingkat konsumen realistis. Dirinya menyebutkan sektor pengolahan pangan memiliki rantai pasok yang panjang hingga menjangkau konsumen.

"Inilah ide pertemuan, bagaimana memangkas rantai pasok agar harga sampai ke konsumen itu realistis," ujarnya.

Kesepakatan kerja sama dari rapat koordinasi empat menteri yang juga dihadiri oleh beberapa pejabat Kementerian BUMN, Kadin serta organisasi-organisasi pangan ini adalah yang pertama.

Kementerian Pertanian bertanggung jawab atas penyediaan pasokan pangan melalui peningkatan produksi, kapasitas petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani.

Kementerian Perindustrian bertanggung jawab mengembangkan industri pangan primer dan olahan komoditas pangan serta koordinasi pelaku industri.

Kementerian Perdagangan fokus untuk distribusi pangan, mengendalikan harga dan rantai pasok pasar serta koordinasi dengan pelaku pasar jamin stabilitas harga.

Kementerian Koperasi dan UKM mengerjakan sektor pengembangan kelembagaan koperasi. Kelima, Kementerian BUMN melakukan pembinaan BUMN untuk meningkatkan stok dan operasi pasar.

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved