Perusahaan Ekspedisi Panen Berkah Bulan Ramadan

Maraknya transaksi bisnis menjelang puasa dan Lebaran, menjadi berkah bagi semua pelaku usaha.

Perusahaan Ekspedisi Panen Berkah Bulan Ramadan
KONTAN/MURADI
PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Maraknya transaksi bisnis menjelang puasa dan Lebaran, menjadi berkah bagi semua pelaku usaha. Termasuk diantaranya pebisnis jasa pengiriman barang yang sibuk mengirimkan barang pesanan pembeli dari hasil transaksi online maupun off line.

Saat ini beberapa pelaku bisnis telah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan permintaan pengiriman barang. Seperti yang dilakukan PT Jalur Nugraha Eka Kurir alias JNE, saat ini tengah melakukan pengecekan kesiapan jaringan distribusi serta persiapan kendaraan pengangkut.

Tak hanya itu, perusahaan ini menyiapkan tenaga kerja tambahan apabila diperlukan. JNE kerap melakoni cara ini seperti yang mereka lakukan pada tahun lalu. "Bila kami nilai perlu ada tambahan, langsung dilakukan," kata Muhammad Feriadi, Chief Executive Officer PT Jalur Nugraha Eka Kurir, akhir pekan lalu.

Perusahaan ini juga telah mengantisipasi bila terjadi gangguan pengiriman di jalur darat, akibat terhambat arus mudi. Misalnya seperti tahun lalu, JNE memutuskan untuk mengalihkan pengiriman barang lewat jalur pesawat penumpang. Cara ini mereka lakukan agar memastikan waktu pengiriman barang ke konsumen tetap tepat waktu.

Feriadi memperkirakan pengiriman barang menjelang Lebaran tahun ini bakal terjadi lonjakan hingga 50% dari bulan-bulan biasa. Apalagi JNE baru saja mengoperasikan aplikasi pengiriman terbaru yang diprediksi bakal meningkatkan perimintaan pengiriman barang.

Gandeng vendor
Sedangkan Gilarsih Wahyu Setijono, Direktur Utama PT Pos Indonesia, belum bisa memproyeksikan jumlah pengiriman barang pada Lebaran tahun ini. Ia bilang masih terlalu dini untuk bisa menggambarkan permintaan pengiriman jelang Lebaran.

Gilarsih baru bisa memberi proyeksi jumlah angkutan periode Lebaran minggu depan. "To little to tell," katanya.
Sementara RPX optimistis Lebaran ini permintaan pengiriman barang bakal melonjak drastis. Dalam perkiraan perusahaan ini bisnis paket jelang Lebaran bisa terdongkrak tiga kali lipat dari biasanya. "Kami optimistis," kata Rubianto Mukti Wibowo,

Vice President Logistic & Retail RPX Group. Agar mempermudah konsumen, perusahaan ini menggandeng minimarket Indomaret dan Bank BNI. Dengan menggunakan aplikasi mobile RPX di menu I-Drop, pelanggan bisa mengantar paket kiriman ke Indomaret terdekat. Sedangkan fasilitas pembayaran menggunakan platform milik BNI yang bernama Mycash. (ktn/putri w)

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved