Minggu Depan Delapan Desa di Kotamobagu Cairkan Dana Desa

Sampai Kamis (19/5) dari 12 desa di Kota Kotamobagu yang sudah mencairkan dana desa tahap satu.

NET
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Sampai Kamis (19/5) dari 12 desa di Kota Kotamobagu yang sudah mencairkan dana desa tahap satu, baru empat desa diantaranya Desa Kopandakan Satu, Desa Moyag Induk, Desa Sia, dan Desa Kobo kecil.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan, dan Kelurarga Berencana (BPMD, PP dan KB) Kotamobagu Hamdan Monigi mengatakan untuk delapan desa lainnya akan diusahakan cairkan dana desa pada pekan depan.

"Pekan depan delapan desa Insyaallah sudah bisa cairkan dana desa tahap satu. Kemungkinan beberapa diantaranya akan segera mengurus pencairan akhir minggu ini," ujarnya.

Lanjut Hamdan delapan desa ini seharusnya sudah bisa menyusun berkas persyaratan pencairan dana desa seperti APBDes. "Apalagi untuk tahun ini sudah lima kali kita fasilitasi untuk penyusunan berkas. Ditambah lagi pada Selasa dan Rabu kita berikan pelatihan dengan menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulut," ujar Hamdan.

Selama dua hari pelatihan dilaksanakan dengan pesertanya para perangkat desa. Inti daripada pelatihan yaitu bagaimana perangkat masing-masing desa bisa mengerti dan mampu membuat pelaporan mengenai keuangan desa.

"Iya dua hari dilakukan pelatihan pengelolaan keuangan desa, didalamnya ada penatausahaan keuangan dan pelaporan keuangan, seperti misalnya menyusun APBDes melalui simda desa," ungkap Hamdan.

Hamdan menambahkan selain lima kali fasilitasi serta pelatihan dari BPKP, para perangkat desa juga dipersiapkan dengan pendampingan dari BPMD. "Satu minggu itu dua kali kita temani dalam hal penyusunan pelaporan keuangan desa," ujarnya.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved