Awas! Dikira Cuma Wasir, Ternyata Kanker Usus Besar Stadium Dua

Penyakit wasir dan kanker usus besar memang memiliki gejala yang mirip, yakni ditemukannya darah saat buang air besar.

Awas! Dikira Cuma Wasir, Ternyata Kanker Usus Besar Stadium Dua
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyakit wasir dan kanker usus besar memang memiliki gejala yang mirip, yakni ditemukannya darah saat buang air besar.

Kondisi ini membuat banyak pasien tidak segera mendapat penanganan yang tepat.

Yustianto (64) mendapati ada benjolan di sekitar anusnya sekitar tahun 2014.

Mengira itu adalah gejala wasir atau hemoroid, ia pun membeli obat bebas di toko obat. Setiap kali keluhan itu muncul, segera pula ia meminum obat.

Sampai di akhir tahun 2015 ia mulai mengeluhkan rasa sakit yang tidak biasa ketika BAB.

Obat warung yang jadi andalannya pun tak mempan lagi menghilangkan nyerinya. Tak kuat menahan sakit selama sebulan, ia pun mendatangi dokter.

"Saya lalu berobat ke dokter tapi dirujuk ke dokter bedah. Setelah dilakukan pemeriksaan dan biopsi, ternyata ada kanker usus besar sudah stadium dua," kata pria yang biasa disapa Jo ini.

Kanker usus besar memang memiliki beberapa gejala, antara lain diare berulang, BAB berdarah, sulit BAB (feses kecil-kecil dan keras), serta ada sumbatan pada usus jika kanker sudah stadium lanjut.

Dokter Eko Priatno, Sp.B-KBD yang menangani penyakit Jo mengatakan, memang sulit membedakan wasir dengan kanker. "Harus dilakukan cek colok dubur," katanya.

Gejala sembelit atau pun diare ternyata juga tergantung pada letak kanker. Menurut Eko, jika kanker berada di bagian kanan usus besar maka gejala yang dialami adalah diare dan tubuh lemas.

Halaman
12
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved