Gorilla Senang Bersenandung saat Makan

Gorila ternyata suka bersenandung saat makan. Hal tersebut merupakan ekspresi puas terhadap makanan yang mereka santap.

Gorilla Senang Bersenandung saat Makan
Higashiyama Zoo / AFP / GETTY IMAGES
Shabani si Gorila Tampan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gorila ternyata suka bersenandung saat makan. Hal tersebut merupakan ekspresi puas terhadap makanan yang mereka santap.

Demikian hasil penelitian Eva Luef, ahli primata dari Max Planck Institute, Jerman. Nyanyian tersebut digunakan kepala keluarga untuk memberi tanda waktunya makan.

Luef mengamati dua kelompok gorila liar di dataran rendah barat di Republik Kongo. Dia mengidentifikasi, ada dua suara yang kadang-kadang dipakai saat makan.

Satu di antaranya adalah bersenandung denga nada berfrekuensi rendah stabil. Satunya lagi serangkaian pendek. Terdengar sedikit seperti seseorang bersenandung melodi acak.

"Mereka tidak menyanyikan lagu yang sama berulang-ulang," kata Luef. "Sepertinya mereka menggubah lagu-lagu makanan kecil mereka."

Ali Vella-Irving, yang melakukan pengamatan di Kebun Binatang Toronto di Kanada, mengatakan bersenandung dan bernyanyi adalah kebiasaan gorila.

"Setiap gorilla memiliki suara sendiri. Anda dapat benar-benar tahu siapa yang menyanyikan," katanya. "Dan, jika itu adalah makanan favorit mereka, mereka menyanyikan lebih keras." (newscientist)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved