Siapa Sesungguhnya Orang Yang Layak Donor Ginjal?

Ginjal yang sudah tidak berfungsi, bisa diganti dengan ginjal sehat melalui cara transplantasi ginjal atau cangkok ginjal.

Siapa Sesungguhnya Orang Yang Layak Donor Ginjal?
kompas.com
ilustrasi ginjal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ginjal yang sudah tidak berfungsi, bisa diganti dengan ginjal sehat melalui cara transplantasi ginjal atau cangkok ginjal.

Ginjal baru yang sehat tentu berasal dari pendonor. Menjadi pendonor ginjal pun tidak bisa sembarangan. Ada berbagai persyaratan untuk bisa mendonorkan satu ginjal.

Dikatakan Prof. Dr. Suhardjono, SpPD-KGH, KGer, FINASIM, cangkok ginjal sebenarnya bisa berasal dari donor hidup maupun donor mati (donor dari orang yang telah meninggal). Akan tetapi, di Indonesia tidak boleh menggunakan donor mati, karena belum diatur dalam undang-undang.

Sedangkan, untuk donor hidup, bisa berasal dari keluarga yang memiliki hubungan sedarah dengan calon penerima donor atau dikenal dengan istilah Living Related Donor.

"Jadi donor yang diutamakan ada hubungan keluarga," ujar Suhardjono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/1/2016).

Jika tidak ada ginjal yang cocok, maka bisa juga berasal dari sahabat atau kerabat dekat yang memiliki hubungan emosional dengan penerima donor. Sumber donor ini dikenal dengan istilah Emotionally Related Donor.

"Kawan baik, sahabat kalau ginjalnya cocok, boleh. Syaratnya kan ikhlas, yang dilarang itu jual beli. Tidak boleh ada timbal balik duit," tegas Suhardjono.

Sesuai Pasal 64 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, disebutkan bahwa transplantasi organ atau jaringan tubuh dilakukan hanya untuk tujuan kemanusiaan dan dilarang untuk dikomersialkan.

Organ atau jaringan tubuh dilarang diperjualbelikan dengan dalih apapun. Untuk itu, prosedur melakukan transplantasi ginjal sangat ketat.

Pendonor harus ditelusuri asal-usulnya, kemudian akan menjalani serangkaian pemeriksaan dari sisi psikologis hingga medis.

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved