Cegah Serangan Virus Hogcolera, Dinas Peternakan Minahasa Siapkan Vaksin Babi

“Kita biasanya melakukan vaksinasi ke ternak babi, dan tahun 2016 ini kita masih memiliki stok vaksin dari propinsi yang belum digunakan.”

Cegah Serangan Virus Hogcolera, Dinas Peternakan Minahasa Siapkan Vaksin Babi
Telegraph Science

TRIBUNMANADO.CO.ID,TONDANO - Maraknya virus hogcolera yang menyerang hewan babi di Minahasa, membuat Dinas Peternakan Minahasa menyiapkan vaksin untuk mengtasinya.

“Kita biasanya melakukan vaksinasi ke ternak babi, dan tahun 2016 ini kita masih memiliki stok vaksin dari propinsi yang belum digunakan,” jelas Ferry Monintja Kasi Pengembangan Terbak dan bahan Asal Ternak Dinas Pertanian dan Peternakan Minahasa, Senin (25/1).

Ia mengatakan, biasanya ada petugas yang melakukan vaksin terhadap ternak babi, namun warga bisa juga untukk mengajukan permohonan.

”Masyarakat bisa berikan informasi, atau bermohon, kita akan vaksinasi ternak babinya,” jelas dia.

Menurutnya, tahun 2015 lalu, ada sekitar 6500 ekor babi yang divaksin, namun tercatat ada 128 ekor babi yang mati akibat terkena hog cholera.”Itu yang tercatat, belum yang disembunyikan oleh masyarakat,” jelasnya.

Untuk tahun 2006 ini, stok untuk vaksin hog cholera ada 7500 botol lagi, dan untuk satu botol itu bisa jadi 50 dosis, ditambahkan dengan aquades.

”Kalau sudah ada gejala, segera sampaikan saja, supaya bisa dilakukan vaksinasi,” jelas dia.

Dijelaskannya, ada beberapa tanda yang bisa diketahui adanya penyakit hig cholera pada babi, di antaranya, nafsu makan turun, diare, lumpuhm kulit ada yang keungu-unguan, dan biasaya yang lebih parah babi mati dalam jumlah banyak, karena virusnya sangat cepat menyebar.

“Petugas biasanya menyebar, untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan, termasuk pada babi, jadi kalau ada laporan warga yang minta untuk vaksinasi babi, silakan laporkan, tapi biasanya paling banyak itu peternak kecil, sebab kalau pegusaha biasanya ada vaksin sendiri,” jelasnya. (Tribun Manado/Alpen Martinus)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved