Bunda, Coba Tips Mengurangi Berat Badan Selama Menyusui Tanpa Latihan dan Diet

Penurunan berat bada setelah kehamilan menjadi perhatian utama bagi ibu-ibu.

Bunda, Coba Tips Mengurangi Berat Badan Selama Menyusui Tanpa Latihan dan Diet
SHUTTERSTOCK

TRIBUNMANADO.CO.ID – Penurunan berat bada setelah kehamilan menjadi perhatian utama bagi ibu-ibu.

Namun, Anda tak bisa memulai proses penurunan berat badan segera setelah kelahiran anak, karena tubuh Anda memerlukan waktu untuk pemulihan setelah melahirkan.

Tak perlu diet dan latihan, karena ini dapat mengurangi produksi ASI Anda, dan mungkin akhirnya malah menambah berat badan. Menyusui bayi juga membantu dalam penurunan berat badan.

Anda harus berhati-hati untuk memilih proses penurunan berat badan, karena setiap usaha penurunan berat badan bisa berbahaya bagi anda atau si kecil.

Artikel yang dikutip dari laman Boldsky ini akan dibagi beberapa cara terbaik untuk menurunkan berat badan saat menyusui.

Ingat, anda harus memastikan makan makanan yang cukup saat menyusui, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak susu.

Telur Rebus Untuk Sarapan
Telur rebus untuk sarapan dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan saat menyusui karena jika punya proetein yang cukup, tak hanya meningkatkan pasokan ASI tapi juga meningkatkan metabolism. Anda juga akan merasa kurang lapar pada siang hari dan akan makanan sehat.

Dadih
Dadih adalah satu di antara makanan bergizi untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Dadih akan menyeimbangkan pencernaan dan serta meningkatkan penyerapan bakteri baik dalam usus. Ini akan membantu dalam menurunkan lemak perut dan juga meningkatkan suplai ASI. Karena persediaan kalsium yang dibutuhkan tubuh tercukupi.

Sup Sayur atau Sup Ayam
Sup sayur atau sup ayam memungkinkan anda untuk dapat menurunkan berat badan saat menyusui dan juga meningkatkan produksi ASI. Anda harus membuat sup jika mengalami rasa lapar, yang membuat anda makan banyak makanan yang tak sehat.

Makan Makanan Berserat
Anda harus fokus makan makanan berserat seperti oat, buah-buahan, sayuran, dan lain-lain. Hindari makan makanan seperti burger, roti putih, pasta, atau mie yang membuat berat badan malah bertambah. Seluruh makanan kaya serat membantu dalam menurunkan berat badan saat menyusui.

Tunggu hingga bayi anda berusia 4 bulan
Anda tak harus memulai setiap olahraga berat sampai bayi anda berusia minimal 4 bulan. Jika anda memulai proses penurunan berat badan dengan segera, hal itu dapat mempengaruhi produksi ASI. Karena tubuh anda membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk memproduksi ASI , dan selain itu tubuh juga butuh waktu untuk pulih pasca melahirkan.

Kurangi Asupan makanan secara bertahap
Selama menyusui, ibu harus cukup makan, sehingga ASI terbentuk dalam jumlah yang cukup. Hal ni dapat menyebabkan menahan upaya penurunan berat badan, dan jika anda tiba-tiba mengurangi asupan makanan maka akan berpengaruh pada produksi susu. Oleh karena itu, kurangi asupan makanan anda secara bertahap.(boldsky)

Penulis: Rine Araro
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved