REI Berusaha Penuhi target FLPP

Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Utara (Sulut) saat ini terus berusaha memenuhi kebutuhan perumahan bersubsidi.

REI Berusaha Penuhi target FLPP
Kontan
Ilustrasi perumahan. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Utara (Sulut) saat ini terus berusaha memenuhi kebutuhan perumahan bersubsidi atau yang dikenal sebagai Fasilitas Likuiditas pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Saat ini perumahan yang sedang kami bangun sekitar 2.000 unit dari target 3.800 unit 2015 mendatang," ujar Ketua REI Sulut William Tannos, Rabu (28/10/2015).

Saat ini menurut dia perumahan bersubsidi dari pemerintah tersebut saat ini menjadi primadona bagi masyarakat yang belum memiliki rumah, sebab dengan uang muka 1 persen dan bunga 5 persen per tahun membuat masyarakat berbondong-bondong ingin memiliki rumah.

Saat ini untuk permintaan rumah bersubsidi sekitar 70 persen dari total penerimaan, sedangkan 30 persennya untuk rumah non subsidi, atau menengah keatas. "Saat ini kami terus membangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Sedangkan kendala yang dihadapinya adalah permodalan yang terbatas dimiliki pengembang, sebab untuk FLPP harus ready stock terlebih dahulu, baru bank mengucurkan kreditnya. Sedangkan untuk membangun perumahan memerlukan modal yang besar."Pada hal utuk membangun rumah bersubsidi merupaka padat karya," katanya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada semua bank, khususnya pemerintah lebih mendukung program ini dengan memberikan berbagai kelonggaran.

Sedangkan untuk pemeritah kabupaten dan kota juga diharapkan mendukung program pemerintah pusat dengan mempermudah izin yang diberikan untuk membangun lahan rumah bersubsidi. Sebab antara kabupaten/kota antara satu dengan yang lain berbeda waktunya. "Ada yang cepat, ada yang lama," ungkapnya.

Begiitu pula untuk listrik, PLN juga harus meningkatkan kapasitas pembangkitnya, agar tidak adalagi pemadaman, termasuk dengan memberikan daya yang bersubsidi kepada rumah-rumah FLPP. "Dengan demikian diharapkan kebutuha masyarakat untuk perumahan bersubsidi dapat terpenuhi," katanya.

Penulis:
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved