Pernah Cicipi? Inilah Tiga Jajanan Takjil Khas Sulawesi Utara

Di berbagai kawasan jajanan takjil di Manado, Tomohon, Minahasa, Bitung hingga Kotamobagu, ketiga jajanan ini akan mudah dijumpai.

TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Jajanan takjil di Jaton Minahasa, tiga makanan khas Sulut yakni lampu-lampu, ongol-ongol dan onde-onde mendominasi lapak pedagang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TRAVEL - Lampu-lampu, onde-onde dan ongol-ongol adalah tiga kue khas jajanan takjil di Sulwesi Utara. Rasanya yang manis, membuat panganan ini menjadi santapan favorit warga saat berbuka.

Di berbagai kawasan jajanan takjil di Manado, Tomohon, Minahasa, Bitung hingga Kotamobagu, ketiga jajanan ini akan mudah dijumpai di lapak-lapak warga.

Di kawasan jajanan takjil Kampung Jawa Tondano (Jaton) misalnya. Sejak dibuka hingga Minggu (28/06/2015), kawasan ini semakin ramai oleh lapak pedagang hingga pembeli

Penjual semakin banyak, dagangannya pun tak hanya takjil. Ada pula yang membangun tenda pakaian. Sembari membeli takjil, pengunjung juga akan dihibur dengan penampilan band yang menyanyikan lagu religi.

Makanan khas Sulut, Lampu-lampu.

Di kawasan ini, hampir setiap lapak menyediakan tiga kue khas ini. Setiap tahunnya, kue-kue ini tak pernah absen untuk disantap. Takjil rasanya memang tak lengkap tanpa kehadiran tiga kue ini.

Lampu-lampu, kue khas berbahan tepung beras ini cukup unik. Selain bercita rasa manis gula merah dan gurih santan, lampu-lampu ini beraroma daun pandan yang dibuat sebagai wadah.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan lampu-lampu ini seperti santan, garam, gula pasir, larutan daun suji dan tepung diaduk hingga rata sampai tak ada gumpalan-gumpalan adonan.

Siapkan kukusan dan wadah dari pandan tersebut. Setiap wadah ditaruh gula merah yang dikeruk, lalu campurkan adonan. Sehingga ketika memakan lampu-lampu ini, gula merah akan ditemui di paling dasar kue.

Halaman
12
Penulis: Finneke
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved